Metodologi Penelitian Kualitatif

Sampul Depan
Buku dengan judul “Metodologi Penelitian Kualitatif” merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Paradigma Penelitian Kualitatif; Penelitian Kuantitatif vs Kualitatif; Pendekatan Etnografi; Pendekatan Naratif; Pendekatan Studi Kasus; Perumusan Masalah Penelitian Kualitatif; Instrumen Penelitian; Teknik Pengumpulan Data; Analisis Data Penelitian Kualitatif; Keabsahan Data Penelitian Kualitatif; Desain Penelitian; Variabel dan Cara Pengukurannya; Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif.
 

Halaman terpilih

Isi

BAB 1 PARADIGMA PENELITIAN KUALITATIF
BAB 2 PENELITIAN KUANTITATIF vs KUALITATIF
BAB 3 PENDEKATAN ETNOGRAFI
BAB 4 PENDEKATAN NARATIF
BAB 5 PENDEKATAN STUDI KASUS
BAB 6 PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN KUALITATIF
BAB 7 INSTRUMEN PENELITIAN
BAB 8 TEKNIK PENGUMPULAN DATA
BAB 9 ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF
BAB 10 KEABSAHAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
BAB 11 DESAIN PENELITIAN
BAB 12 VARIABEL DAN CARA PENGUKURANYA
BAB 13 MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2022)

Muhammad Rizal Pahleviannur, S.Pd. Mengenal ilmu pendidikan sejak Tahun 2016, di mana penulis mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S-1 di Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penulis yang lahir di Blora, 08 Agustus 1998 tersebut, selama kuliah aktif di berbagai kegiatan organisasi, jurnalistik, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Saat ini penulis merupakan seorang peneliti yang telah menerbitkan berbagai publikasi ilmiah bereputasi Nasional hingga Internasional. Dengan motto hidup “terus bergerak memberi dampak”, penulis selalu berusaha untuk melakukan banyak hal dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi diri, demi menginspirasi sekitar dan kemajuan bangsa dalam bidang penelitian dan pendidikan. Penulis dapat dihubungi melalui email: muhammadrizalpahleviannur@gmail.com

Anita De Grave,SE., M.Si Lahir di Kota Makassar Sulawesi - Selatan. Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi jurusan akuntansi, di Universitas Muhammadiyah Makassar pada tahun 2014, dan Pendidikan Magister Akuntansi diselesaikan, di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2019.

Saat ini penulis sebagai dosen tetap dan sekaligus juga sebagai wakil ketua penjaminan mutu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan, Program studi Akuntansi sejak tahun 2019 sampai sekarang. Penulis juga aktif melakukan penelitian dan menulis buku.

Email Penulis: anita@stiebalikpapan.ac.id

Dani Nur Saputra lahir di Grobogan pada tanggal 22 Juni 1992, anak kedua dari dua bersaudara dari pasangan Bapak Yohanes Mahmoro dan Ibu Sri Wahyuti. Dani memiliki istri bernama Fidya Dana Iqrima dan dikaruniai anak laki-laki bernama Elvano Nathan Saputra. Penulis telah menempuh Pendidikan Dasar di kampung halamannya di SD Sukorejo 02 lulus pada tahun 2004, kemudian melanjutkan di SMP Negeri 1 Tegowanu lulus pada tahun 2007, dan menyelesaikan sekolahnya di SMA Negeri 1 Gubug lulus pada tahun 2010. Tak cukup sampai di situ, Ia melanjutkan Pendidikan Strata 1 (S1) di Universitas Negeri Semarang (UNNES) lulus pada tahun 2014 dengan menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Dengan memperoleh Beasiswa Unggulan dari Kemenristek Dikti pada tahun 2015, kemudian Ia melanjutkan Pendidikan Strata 2 (S2) di Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI) lulus pada tahun 2018 dengan menyandang gelar Magister Seni (M.Sn.). Saat ini penulis bekerja sebagai pengajar di Prodi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Beliau aktif dalam menjalankan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi baik di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Diluar kewajibannya, Dani aktif dalam membuat berbagai karya di bidang seni musik, membuat seni pertunjukan, menulis buku, membuat modul, menjadi editor dan reviewer jurnal, mengikuti konferensi dan mempublikasikan berbagai karya serta hasil penelitian pada level nasional maupun internasional. Ia juga aktif bergabung dalam Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)

Dedi Mardianto lahir 27 Juli 1997 di Taccorong, Kec. Amali, Kab. Bone, Prov. Sulawesi Selatan. Pernah menempuh pendidikan di SDN 124 Mampotu, MTs Yapit Taretta, MA Yapit Taretta. Kemudian pada tahun 2015 melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi STAIN Watampone (Strata 1) dengan program studi Ekonomi Syariah dan berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2019. Setelah itu melanjutkan pendidikan Magister di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan program studi Magister Ekonomi Syariah pada tahun 2020 dan mampu menyelesaikan studinya pada tahun 2021. Selain itu, penulis juga tergabung dalam Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FOSSEI), Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI), Forum Mahasiswa Ekonomi Islam (RUMAH EKIS) yang merupakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang dakwah ekonomi syariah.

 

Korespondensi

Email                      : dedimardianto07@gmail.com

No. Telpon             : 082188979235

Lis Hafrida sekarang bekerja sebagai dosen swasta di beberapa kampus yang ada dikota Dumai Provinsi Riau yang mengampu matakuliah Pancasila dan Kewarganegaraan

Ia dilahirkan di Bandar Dalam Tengah tanggal 05 Oktober 1970, menamatkan program sarjananya di Universitas Bung Hatta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tahun 1994 dan program magister di Universitas Riau Program Studi Ilmu Lingkungan pada tahun 2009.

Lis mulai mengajar pada tahun 2000 di kampus AMIK Dumai dan sampai sekarang dipercaya oleh beberapa kampus yaitu STIE Tuah Negeri, STMIK Dumai, AKPER Sri Bunga Tanjung dan STT Dumai untuk mengampu mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Untuk meningkatkan kemampuan akademik dibidangnya lis mengikuti beberapa kegiatan antara lain:

Penguatan Kompetensi Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diselenggarakan oleh RISTEKDIKTI tanggal 24 S/d 27 September 2018 bertempat di Yogyakarta;

Pelatihan untuk pelatih/ Training of Trainers (TOT) Pemantapan nilai nilai kebangsaan bagi Dosen, Guru dan Widyaiswara secara virtual angkatan ke IV di selenggarakan oleh Lemhannas tanggal 2 s/d 7 November 2020;

Training Of Trainers (TOT) Dosen pengampu atau calon pengampu pendidikan anti korupsi seri 1 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama LLDIKTI dan Kopertais pada tanggal 6 s/d 7 Juli 2021.

Selain itu, ia juga sebagai assesor Sekolah/Madrasah untuk wilayah Riau di bawah Badan Akreditasi Nasional Sekolah/madrasah (BAN S/M).

Email Penulis: lishafrida1@gmail.com

Penulis bernama lengkap Vidriana Oktoviana Bano, S.Si., M.Pd, tempat lahir Prailiu, 05 Oktober 1986. Merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ketertarikan penulis terhadap dunia pendidikan menghantarkan beliau menyelesaikan studi S1 di Jurusan Biologi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta pada tahun 2009. Penulis memiliki pengalaman menjadi Guru SMP di salah satu Sekolah Swasta di NTT selama ± 4 tahun. Di tahun 2016, penulis melanjutkan pendidikan studi S2 pada Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Dalam mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai pengajar dan peneliti dibidang Biologi dan Pendidikan. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan hibah kompetitif nasional.

Email Penulis : vidri.bano@unkriswina.ac.id

Eko Edy Susanto, S.E., M.Ak Lahir di Ambon tanggal 06 Januari 1993. Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi jurusan akuntansi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan pada tahun 2018, dan melanjutkan studi Magister Akuntansi di Universitas Hasanuddin, lulus tahun 2020. Saat ini penulis tercatat sebagai dosen tetap pada Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan, Program studi Akuntansi sejak tahun 2021 sampai sekarang. selain aktif mengajar, penulis juga aktif membuat penelitian yang dipublikasi.

Dr. Ardhana Januar Mahardhani, S,AP., M.KP, lahir di Tulungagung pada tanggal 23 Januari 1987. Merupakan dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Menempuh pendidikan formal S1 Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang, S2 Magister Kebijakan Publik Universitas Airlangga Surabaya, dan S3 Administrasi Publik di Universitas Diponegoro Semarang. Penulis juga merupakan sekretaris Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (AP3KnI) Provinsi Jawa Timur.

Saran dan kritik membangun sangat penulis harapkan dalam proses kesempurnaan tulisan dari penulis. Pembaca dapat menghubungi penulis melalui email: ardhana@umpo.ac.id

Lahir dan menyelesaikan sekolah di Kota Makassar. Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Peternakan dan Perikanan Unhas (1996) selanjutnya S2 di PPs UNM (2001) dan PPs UIM (2014) Program Studi Agribisnis, serta menyelesaikan S3 di Program Sosiologi UNM (April-2021). Aktif berorganisasi pada Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) dan Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI). Penulis diamanahkan menjadi ketua prodi Agribisnis periode 2014-2018 di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Menikah dengan Syahruni (48) serta telah dikaruniai anak, Muh.Fatih (19), Sabil Khairat (16) dan Sarah Nabilah (14). Penulis senang dan aktif menulis, buku pertama yang dipublikasi adalah Kota Tanpa Maksiat diterbitkan Pustaka Refleksi Makassar (2003), Mengapa Memilih Pemimpin Islam (Pustaka Timur Yogyakarta, 2007), Pokok-Pokok Sosiologi Pertanian dan Pokok-Pokok Metodologi Penelitian (2010), Kelembagaan, Organisasi dan Kepemimpinan (Lembaga Penerbitan Unismuh, 2011), selanjutnya beberapa buku kolaborasi diantaranya adalah Kelembagaan Agribisnis (2021), Ilmu Usaha Ternak dan Koperasi, Manajemen Agribisnis, Dasar-Dasar Manajemen, serta Metode Riset Kuantitatif dan Kualitatif (2022) selain menjadi editor buku Pengantar Sosiologi Pertanian. Sehari-hari sebagai dosen pada matakuliah Sosiologi Pertanian, Manajemen Agribisnis, Agribisnis Peternakan, Kebijakan Pembangunan serta Ekonomi Sumberdaya Lingkungan.

Email Penulis : amruddin@unismuh.ac.id

Mochamad Doddy Syahirul Alam, SE., M.Si lahir di Surabaya, 22 Agustus 1980. Masa kecil dihabiskan di Kota Mojokerto Jawa Timur hingga pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Sekolah Menengah Atas hingga pendidikan tinggi ditempuh penulis di Kota Malang Jawa Timur. S1 lulus tahun 2002 dari Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, S2 lulus tahun 2006 dari Magister Administrasi Publik Universitas Merdeka Malang. Saat ini penulis sedang menyelesaikan tugas akhir studinya di Program Doktor Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian kualitatif adalah salah metode penelitian yang digeluti sejak di S1 hingga sekarang. Kompetensi penulis adalah kajian di bidang kepemimpinan sektor publik dan pemerintahan desa. Membaca dan menulis adalah hobi baru yang semakin ditekuni oleh penulis saat ini.

Mutia Lisya, ST, MT dilahirkan di Padang pada tanggal 05 Juni 1996, kemudian ia melanjutkan Pendidikan dasar hingga Pendidikan menengah atas di Kota Dumai, Riau. Ia menyelesaikan Pendidikan menengah atas dalam waktu dua tahun pada program akselerasi. Ia menjadi mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Andalas pada Tahun 2013, dan menyelesaikan program sarjana Teknik (S1) pada tahun 2017. Kemudian pada tahun yang sama ia meneruskan Pendidikan ke Program Magister di Jurusan bidang Rekayasa Transportasi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di Institut Teknologi Bandung dan menyelesaikan program Magister (S2) pada tahun 2020 dengan predikat cumlaude.

Setelah lulus magister pada tahun 2020 ia langsung bekerja sebagai dosen di Jurusan Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai sampai sekarang. Saat ini ia mengampu beberapa mata kuliah dibidang transportasi dan struktur. Ia juga mengampu mata kuliah metodologi penelitian. Kedua orang tua Mutia memiliki latar belakang dalam Pendidikan. Ayah dan Ibu Mutia bekerja sebagai dosen yang juga aktif dalam berbagai macam penelitian.

Email Penulis: mutialisyaa1@gmail.com

Dasep Bayu Ahyar, S.Pd., M.Pd, lahir di Ciamis-Jawa Barat, ia memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dalam bidang bahasa Arab dari Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Singaparna-Tasikmalaya lulus tahun 2016. Selama kuliah di kampus tersebut ia juga mengabdikan diri di Pondok Pesantren Cipasung Singaparna-Tasikmalaya dimana pada waktu itu ia diberikan amanah menjadi pengurus asrama Sejahtera selama 4 tahun oleh Pimpinan Pesantren Cipasung yang sekaligus sebagai Rektor IAIC Cipasung Singaparna-Tasikmalaya yaitu Bapak Drs. KH. A. Bunyamin Ruhiat, M.Si. Kemudian ia melanjutkan Studi Magisternya di Bidang yang sama yaitu Pendidikan Bahasa Arab di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan lulus tahun 2020, ia tercatat sebagai lulusan tercepat dan lulusan terbaik pada Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan predikat Cumlaude (Mumtaz) pada Wisuda ke-118 Tahun 2020.

Riwayat Mengajar: Sekarang ia aktif mengajar di Yayasan al Ihsan Kebagusan Pasar Minggu-Jakarta Selatan yaitu mengajar di SMA Qur’an Al Ihsan dan SMP Qur’an Al Ihsan. Selain aktif mengajar di Yayasan tersebut ia juga menjadi Dosen di salah satu kampus Swasta di Jakarta Timur. Ia juga sebagai Ceo & Founder El Akhyar Institute sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan bahasa Arab yang berpusat di Jakarta.

Riwayat Karya Ilmiah: Adapun Karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan diantaranya sebagai berikut:

1.     Buku

1)    Buku “Basahi Lidahmu” (CV. Penerbit Deepublish, 2018)

2)    Book Chapter “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam” (Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)

3)    Book Chapter “Pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa SD/MI” (Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)

4)    Book Chapter “Model-model Pembelajaran” (CV. Pradina Pustaka, 2021)

5)    Book Chapter “Strategi Pembelajaran” (CV. Media Sains Indonesia, 2022)

6)    Book Chapter “Dakwah Multikultural” (CV. Media Sains Indonesia, 2022)

2.     Artikel

1)    Artikel “Mengenal Pemikiran Al-Mubarrid dan Kontribusinya Terhadap Perkembangan Balaghah” (Jurnal Arabia IAIN Kudus)

2)    Artikel “Analisis Teks dalam Penelitian kebahasaan (sebuah Teori dan Aplikatif)” (Jurnal Shaut al-‘Arabiyah UIN Alauddin Makasar)

3)    Artikel “Al-Ikhtibār al-Maqāliy fī Taqwīm al-Tadrīs al-Lughah Al-Arabiyah Limarhalah al-Tsanawiyah” (Jurnal Shaut al-‘Arabiyah UIN Alauddin Makasar)

Penulis bisa dihubungi melalui email: dasepbayuahyar93@gmail.com  

Debby Sinthania, lahir di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 25 Agustus 1990. Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Keperawatan dimulai pada tahun 2007 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Poltekkes Kemenkes Padang dan lulus tahun 2010. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Andalas dan berhasil menyelesaikan studi Sarjana Keperawatan (S1) dan Profesi Keperawatan (Ners) pada tahun 2013. Dua tahun kemudian, penulis juga menyelesaikan studi Magister Keperawatan (S2) di Universitas Andalas.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa, dan untuk mewujudkan karir sebagai Dosen Profesional, Penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, Penulis juga mencoba untuk mulai aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Penulis merupakan Dosen Tetap di Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang. Penulis memiliki kompetensi di bidang Keperawatan khususnya Keperawatan Jiwa, Keperawatan Keluarga & Komunitas serta Keperawatan Gerontik.

Email Penulis: debby.sinthania@fik.unp.ac.id/sinthaniade bby@gmail.com

Informasi bibliografi