Psikologi Pendidikan

Sampul Depan

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tingkah laku di sini diartikan secara luas ialah segala kegiatan, tindakan perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun tidak disadarinya. Termasuk di dalamnya: cara berbicara, berjalan, berpikir atau mengambil keputusan, cara ia mengambil sesuatu, caranya beraksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya maupun dari dalam dirinya.

Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Buku ini disusun dengan judul Psikologi Pendidikan mampu membantu menambah bahan ajar dan mahasiswa dalam mempelajari psikologi dan untuk mempermudah mempelajari materi psikologi pendidikan.

Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

 

Halaman terpilih

Isi

BAB I PSIKOLOGI DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1
BAB II HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
11
BAB III TEORI KINERJA GURU
43
BAB IV TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
54
BAB IV UNSUR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
118
BAB V MENGELOLAH PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
162
BAB VI MODELMODEL MENGAJAR DIKELAS
190
DAFTAR PUSTAKA
226
CURRICULUM VITAE
229
Hak Cipta

Edisi yang lain - Lihat semua

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2021)

Zulqarnain, S.Ag., M.Hum., Ph.D. lahir di Jambi pada Bulan Agustus tanggal 16 tahun 1975. Saya menyukai kegiatan membaca juga traveling. Saya sangat tertarik untuk belajar dan mencari tantangan baru yang dapat mengasah bakat serta kemampuan saya, terutama terkait bidang pendidikan anak usia dini. Saat ini saya bekerja sebagai Dosen Tetap di UIN STS Jambi dan Dosen di Prodi PIAUD Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Provinsi Jambi serta juga sebagai Konsultan Pengelolaan dan Tim Penyususn Kurikulum di TK-PAUD Mambaul Ulum Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi dan Penasehat di Pondok Pesantren Darul Aufa Batanghari, Jambi serta Pelatih dan Dewan Hakim LPTQ Kabupaten Batanghari, Jambi. Dan sebagai Rektor Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi dari tahun 2016 sampi dengan sekarang.

Pendidikan Formal dimulainya di SDN No. 30 Muara Bulian, (1987), MTs.N Muara Bulian (1990), dan MAN Program Khusus, Padang Panjang, Sumbar (1993). Masuk Peguruan Tinggi pada Program Strata Satu (S-1) dengan Konsentrasi Peradilan Aganma di Univ. Islam Indonesia, Yogyakarta (1997), Program Strata Dua (S-2) Mengister Hukum di Univ. Islam Indonesia, Yogyakarta (2001) Dan menyelesaikan Strata Tiga (S-3) Doctor of Philosophy (Ph.D) di Universiti Malaya, Malaysia selesai tahun 2015.

Dr. M. Shoffa Saifillah Al-Faruq, M.Pd.I. Tempat dan Tanggal Lahir: Blora 29 Agustus 1986. Pendidikan Formal dimulainya di SD N 1 Blora, MTS N Kota Jambi, dan MAS Dharma wanita Kota Jambi. Pendidikan Tinggi S-1 IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, S-2 IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dan Pendiidkan Terakhir Doktor (S3) di IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Sehari-hari mengajar dan menjadi Dosen Tetap di Institut Agama Islam Nusantara di Muara Bulian Jambi sampai sekarang,Tahun 2014-2020 Dosen Manajemen Mutu Terpadu di IAI N Batanghari Prov Jambi. Dan 2020-sekarang Ketua Sekolah TinggI Ilmu Tarbiyah Mambaul Ulum Kota Jambi. Karya Ilmiah yang telah dipublikasikan antara lain: Buku seputar pengelolaan pendidikan (2019), Menggagas Format Idealisme Guru Profesional Learning (2017), Manajemen Kepemimpinan Dalam Islam (2018), Manajemen Keuangan dan kewirausahaan Sukses (2019). Dan jurnal yang telah dipublikasikan antaralain, Journal Of Research In Humanities And Social Science (JRHSS), (2017), Studi Journal Of Business And Management Studies (SJBMS) (2017), Effectof Knowledge Management And Work Commitment To Employees Satisfaction Services (Study On Teacher Madrasah Aliyh Country Jambi Province), Korelasi Antara Pengetahuan Tentang Manajemen, Motivasi Kerja, Dengan Kepuasan Layanan Karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi (2020), Gamification Strategy in Entrepreneurship Course (2020)

Dr. Sukatin, S.Pd.I., M.Pd.I. Lahir di Nipah Panjang 10 Juli 1986. Putri ke-3 dari 3 bersaudara. Ayah bernama Gino dan Ibu. Nyami. Menikah dengan Mashudi Hariyanto, S.HI., M.E. Pada Tahun 2012 dan dikarunia 2 orang anak: Alifia Zaira Faizatul Husna Hariyanto & Azkayra Zulfa Al-Mumtaza Hariyanto.

Pendidikan Formal dimulainya di SDN/v Nipah Panjang (1998), MTsN I Nipah Panjang (2001), dan MA Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo (2005). Pendidikan Tinggi S-1 Pendidikan Agama Islam ditempuh di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo (2009), S-1 Bimbingan dan Konseling Di tempuh di Universitas Darul Ulum Jombang (2010), S-2 Psikologi Pendidikan Islam di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2012). Dan Pendiidkan Terakhir Doktor (S3) di Universitas Islam Negeri (UIN) STS Jambi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam selesai tahun 2019 program beasiswa 5000 Doktor.

Sehari-hari mengajar dan menjadi Dosen Tetap di Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari Jambi sampai sekarang, dan mengajar di UIN STS Jambi. Karya Ilmiah yang telah dipublikasikan antara lain: Buku Bimbingan Konseling (2018). Kepemimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (2019). Psikologi Organisasi (2020) Pendidikan Karakter (2020) Psikologi Perkembangan (2020) Psikologi Kognitif (2020) Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam (2021). Psikologi Manajemen (2021). Dan lain-lain.

Informasi bibliografi