Pengantar Kebijakan Publik

Sampul Depan
Humanities Genius, 25 Mar 2022 - 174 halaman

Negara melalui pemerintah dalam melayani kebutuhan publik selalu diperhadapkan dengan jenis dan jumlah masalah yang berbeda-beda tingkat kebijakannya. Tidak ada satupun model kebijakan yang dapat dipertahankan secara terus-menerus dengan arogansi kelembagaan. Penggunaan model kebijakan sangat bergantung pada penelitian terhadap masalah publik yang terus berkembang, dan oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa asal muasal suatu kebijakan sebenarnya berawal dari masalah-masalah yang dihadapi oleh warga Negara. Walaupun demikian, dalam pembentukan kebijakan publik sebenarnya tidak ada satu kebijakan yang secara utuh diterapkan sejak diputuskan. Kadang-kadang, suatu kebijakan perlu ditinjau di tengah-tengah proses penerapannya dengan asumsi bahwa arah kebijakan tidak lagi mengarah pada sasaran.


Sebagai suatu kajian pengantar, buku ini memberikan uraian mengenai bagaimana konsep dan teori dasar yang berkaitan dengan pembentukan kebijakan publik. Tentu saja karena merupakan kajian dasar, buku ini tidak secara panjang lebar menguraikan kebijakan publik yang memiliki sifat administratif, karena hal tersebut memerlukan pembahasan tersendiri. Pembentukan kebijakan publik tidak hanya melibatkan para sarjana dengan disiplin ilmu sosial saja, tetapi juga memerlukan kajian ilmu-ilmu eksakta. Buku ini cukup sarat dengan referensi asing, meski terdapat juga referensi dari penulis Indonesia, karena penggunaan referensi asing tersebut sesuai dengan keperluan penulisan buku ini. Buku ini mengejar primary sources dari setiap konsep yang diberikan olehpara ahli kebijakan publik.


Buku ini awalnya terdiri dari 5 (lima) bab utama. Bab I terdiri dari Pendahuluan yang berisikan latar Belakang serta Ruang lingkup pembahasan. Pada Bab II, buku ini menguraikan mengenai Konsep Kebijakan Publik, yang meliputi Pengertian Kebijakan Publik, Kebijakan Publik dan Administrasi Publik, Studi Kebijakan Publik: Fungsi dan Tujuannya, Ruang Lingkup dan Siklus Kebijakan Publik, serta Kebijakan Publik Sebagai Suatu Sistem. Bab III mengkaji perihal Analisis Kebijakan Publik yang di dalamnya membahas mengenai Konsep dan Teori Analisis Kebijakan, Model Analisis Kebijakan Publik, Proses Analisis Kebijakan Publik, Risiko Analisis Kebijakan, serta Analisis Biaya dan Manfaat (Cost-Benefit Analysis) dan Analisis Efektifitas Biaya (Cost-Effectiveness Analysis). Bab IV membahas mengenai Proses Kebijakan Publik, yang memuat konten pembahasan seputar Konsep Perumusan Kebijakan Publik, Model-Model dan Teori Formulasi Kebijakan, Identifikasi Masalah Publik, Penyusunan Agenda (Agenda Setting), serta Pembuatan Keputusan (Decision Making). Terakhir Bab V menguraikan Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik, Konsep Implementasi Kebijakan Publik, Pendekatan Implementasi Kebijakan, Model dan Proses Implementasi Kebijakan Publik, Evaluasi Kebijakan Publik, Langkah dan Metode Evaluasi Kebijakan, serta Masalah-Masalah dalam Evaluasi Kebijakan.

 

Halaman terpilih

Isi

DAFTAR TABEL Tabel 1 Ilustrasi CBA Jalan Raya Coquihalla
74
ZeroBased Budgeting ZBB
76
Peringkat Hipotesis Hypothetical Ranking
77
Model Proses
91
TahapTahap dalam Proses Pembuatan Kebijakan
110
Kondisi Riil dan Kondisi yang Diharapkan
117
Perbedaan Model TopDown dan BottomUp
131
Kriteria Kebijakan William N Dunn
144
Tiga Pendekatan Evaluasi William N Dunn
146
Teknik Evaluasi berdasarkan Evaluasi William N Dunn
147
Protokol Wawancara Analisis Survei Pengguna
148
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Informasi bibliografi