Audit Keuangan Sektor Publik Untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Sampul Depan
UGM PRESS, 17 Apr 2018 - 206 halaman

Buku Audit Sektor Publik ini diperuntukkan secara khusus bagi mahasiswa yang mengambil minat pada keuangan sektor publik dan para praktisi, yaitu auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik dan auditor yang bekerja di BPK, BPKP, dan Inspektorat.

Penulis membahas audit sektor publik dengan memfokuskan pada audit laporan keuangan di Pemerintah Daerah yang berupaya memenuhi kriteria good government governance. Buku ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami konsep audit sektor publik serta perkembangan audit, khususnya di sektor pemerintahan. Pembahasan proses dan teknik meliputi standar audit, pengendalian internal, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pemeriksaan yang dijabarkan secara spesifik pada siklus aktivitas akuntansi, yaitu siklus kas, siklus aset, siklus investasi, siklus pendapatan, siklus belanja, dan pembiayaan.

Buku ini dikemas menarik dengan menampilkan contoh, kertas kerja, studi kasus, dan pertanyaan pendalaman di setiap akhir bab yang dapat menjadi bahan diskusi mahasiswa agar lebih memahami materi audit sektor publik, khususnya pada LKPD. Selain itu, penyusunan buku ini sudah disesuaikan dengan PP 71/2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah. Untuk itu, penulis berharap ada keseimbangan antara materi, konsep dan kasus yang diberikan.

[UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Isi

BAB
1
Tabel
7
Tabel
13
Standar Audit
18
Tabel
19
Tabel
25
Tabel
31
Ringkasan
46
Contoh kertas kerja indeks R
90
Tujuan audit khusus untuk kas
103
Pengujian Substantif Kas
109
Tujuan dan prosedur audit investasi
116
Tujuan audit dan prosedur audit Aktiva Tetap
131
AUDIT PENDAPATAN
137
AUDIT BELANJA
153
Klasifikasi Belanja
154

PERENCANAAN AUDIT
53
Tahapan Perencanaan Audit
54
Contoh analisis laporan keuangan komparatif
58
Faktor kualitatif dari materialitas
62
Contoh penentuan materialitas
64
Kertas Kerja Perencanaan
68
PELAKSANAAN AUDIT
77
Simbol Bagan Alir
87
Risiko pengendalian dan prosedur audit
156
Pengujian Substantif Pengeluaran
162
AUDIT PEMBIAYAAN
167
Pengujian pengendalian siklus pembiayaan
171
LAPORAN HASILAUDIT
176
DAFTAR PUSTAKA
198
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2018)

Faiz Zamzami adalah dosen tetap Prodi Akuntansi, Program Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM. Penulis mengajar di Program Diploma Ekonomika dan Bisnis UGM untuk mata kuliah Pengauditan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, dan Pengantar Akuntansi. Selain itu, penulis mengajar di Program Profesi Akuntansi (PPAk) Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yaitu EDP Audit, Audit Sektor Publik, dan Audit Internal. Selain mengajar aktivitas lain penulis adalah sebagai auditor Di Dewan Audit UGM dan ketua Laboratorium Sistem Informasi Akuntansi PDEB SV UGM. Sarjana Ekonomi diperolehnya setelah menyelesaikan jurusan Akuntansi UGM. Selanjutnya, penulis menyelesaikan pendidikan Master di Magister Akuntansi FEB UGM, dan mendapatkan gelar QIA dari Yayasan Pendidikan Internal Auditor (YPIA).

Mukhlis adalah auditor yang berpengalaman di sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta, dan juga menjadi instruktur pada Praktikum Pengauditan di Program Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM. Ia lulus sebagai sarjana ekonomi  dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan saat ini, penulis sedang menyelesaikan S2 di Magister Akuntansi UGM.

Anissa Eka Pramesti pernah menjadi auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) PWC dan pernah menjadi auditor yang berpengalaman di sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Penulis juga pernah menjadi instruktur pada Praktikum Pengauditan di Program Diploma Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM. Ia lulus sebagai sarjana ekonomi  dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Airlangga.

Informasi bibliografi