BERPIKIR KRITIS & PBL: (Problem Based Learning)

Sampul Depan
Media Sahbat Cendekia, 8 Sep 2019 - 86 halaman

Belajar merupakan kegiatan fisik dengan hasil yang dicapai berupa perubahan-perubahan dalam fisik. Pendapat lain juga mengatakan bahwa belajar merupakan kegiatan rohaniah atau psychis. Sasaran yang dicapainya adalah perubahan-perubahan jiwa. Sementara pendapat tradisional belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan (Asril, 2012). 

Ahli pendidikan modern merumuskan bahwa belajar merupakan suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan. Ernest R Hilgard (Asril, 2012) memberikan batasan pengertian belajar, Ia menyatakan bahwa Learning is a process by an activity originates or changed through training procedurs (whether is the laboratory or in the natural environment) as a distinguished from changes by factor not attribut able to training. 

 

Halaman terpilih

Isi

DAFTAR ISI
1
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
7
BAB IIIMODEL PROBLEMBASED LEARNING PBL
13
BAGAIMANA MENGUKUR BERPIKIR KRITIS
37
B Asesmen Kinerja
45
Asesmen Komunikasi Personal Personal
53
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2019)

Lilis Lismaya, S.Pd., M.Pd, Lahir di Kuningan Jawa Barat pada tanggal 04 Desember 1982. Lulus SDN 2 Sukamukti Tahun 1995, MTS Husnul Khotimah lulus tahun 1999, melanjutkan SMA di SMAN 2 Kuningan lulus tahun 2002. Tahun 2002-2007 kuliah di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kuningan. Selama kuliah sempat mengajar di PAUD, TK, SD dan SMP di Kuningan. Tahun 2010 diangkat menjadi Dosen Tetap Yayasan pada Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kuningan. Kemudian melanjutkan S2 di Program Studi Pendidikan Biologi UPI Bandung 2011-2014. Pengembangan profesi ditempuh melalui kegiatan seminar baik regional, nasional maupun internasional sebagai peserta maupun sebagai penyaji makalah. Disamping itu juga workshop atau pelatihan di dalam Universitas Kuningan maupun di luar. Tahun 2014 telah mengikuti kegiatan Pelatihan Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang dilaksanakan atas kerjasama Universitas Kuningan dan Kopertis Wilayah IV. Tahun 2016 telah mengikuti Pelatihan Applied Approach (AA) yang dilaksanakan In House oleh Universitas Kuningan bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Universitas Padjajaran. Selain itu juga mengikuti Workshop Kompetensi Pembelajaran Bagi Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah IV pada tahun 2018. Sekarang sebagai staf pengajar pada program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Kuningan. 

Informasi bibliografi