Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren

Sampul Depan
Formaci, 31 Jul 2017 - 221 halaman

Pola pendidikan pesantren yang sudah ada sejak dulu pra-kemerdekaan Indonesia, pada dasarnya sudah menekankan pada pembetukan karakter anak bangsa. Hanya saja, pola pendidikan karakter pada masa itu dikemas dengan bentuk pendidikan akhlakul karimah dan memang belum terkonsep secara ilmiah.


Untuk itu, penulis memang mencoba menyajikan data mengenai budaya pesantren dan model pembiasaan karakter ala pondok pesantren dengan budayanya. Sumbangsih konsep pendidikan ala pondok pesantren ini kiranya bisa menjadi salah satu kajian di dunia pendidikan karakter, sehingga ke depannya, mampu untuk mendorong perkembangan pendidikan karakter di Indonesia.



Penyusunan buku ini tidak hanya menyajikan analisis penulis dari hasil literasi belaka, akan tetapi validasi berupa data lapangan juga dilakukan. Validasi data lapangan dilakukan di salah satu pondok pesantren Zuhriyah di Yogyakarta yang juga memang masih melestarikan budaya pondok pesantren dan tentunya pembiasaan karakter dengan cukup baik.


Kehadiran buku ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan akademik dalam bidang literasi pendidikan karakter. Buku kecil ini hadir sebagai bagian penting dari perkembangan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini. (formacipress.com)

 

Halaman terpilih

Isi

Nilainilai Pendidikan Karakter
25
PrinsipPrinsip Pendidikan Karakter29
29
Pendekatan dalam Pendidikan Karakter
30
Evaluasi Pendidikan Karakter
35
B Pesantren
37
Pengertian Pesantren
38
Sejarah Perkembangan Pesantren
42
ElemenElemen Pokok Pesantren
48

Pendidikan dan Budaya Pesantren
53
Tipologi Pesantren
57
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Informasi bibliografi