Bioindustri

Sampul Depan
Universitas Brawijaya Press, 1 Nov 2017 - 132 halaman
0 Resensi

 Tujuan bab ini menjelaskan definisi bioindustri serta ruang lingkup yang dipelajari dalam bioindustri. Bioteknologi adalah prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kerekayasaan untuk penanganan dan pengolahan bahan dengan agen biologis untuk menghasilkan barang dan jasa.  Secara umum bioindustri didefinisikan sebagai: aplikasi bioteknologi dalam bidang industri, yang menjelaskan prinsipprinsip ilmu pengetahuan dan kerekayasaan penanganan dan pengolahan bahan dengan bantuan agen biologis untuk menghasilkan barang dan jasa. Jadi bioindustri adalah salah satu bagian dari bioteknologi, yakni penerapan mikroorganisme dan enzim dalam skala besar (skala industri) serta memperhitungkan kajian ekonomi dan untung rugi pada suatu proses produksi.

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Isi

BAB 1 PENDAHULUAN
1
BAB 2 MIKROORGANISME INDUSTRI DAN PENYIAPAN KULTUR
5
BAB 3 KINETIKA PERTUMBUHAN MIKROORGANISME
21
BAB 4 FERMENTASI AEROB
29
BAB 5 FERMENTASI ANAEROB
33
BAB 6 BAHAN BAKU DAN PRODUK BIOINDUSTRI
41
BAB 7 FERMENTASI SUBSTRAT PADAT DAN CAIR
51
BAB 8 KULTUR FED BATCH DAN KONTINYU
57
BAB 11 PENGEMBANGAN PRODUK
81
BAB 12 PEMASARAN PRODUK
87
BAB 13 PRODUK BIOINDUSTRI DI INDONESIA
97
BAB 14 PRODUK BIOINDUSTRI DI BEBERAPA NEGARA
111
DAFTAR PUSTAKA
121
GLOSARIUM
125
INDEKS
129
BIOGRAFI PENULIS
131

BAB 9 BIOREAKTOR
63
BAB 10 PEMURNIAN PRODUK
73

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2017)

 1. Prof.Dr.Ir. Wignyanto, MS lahir di Yogyakarta, 2 November 1952. Menyelesaikan s1 pada program studi Mikrobiologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada tahun 1979. Pada tahun 1992 berhasil menyelesaikan S2 pasca panen di universitas gadjah mada dan S3 di Universitas Airlangga pada tahun 1998 di bidang Kesehatan Lingkungan Industri. Menjadi pengajar di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Pernah menjadi ketua Jurusan Teknologi Industri Pertanian dan Ketua Laboratorium Bioindustri. Pernah manjadi Ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian tingkat S-1 dan s-2, dan pada saat ini menjadi Ketua Program Studi S3. Selama ini aktif dalam menulis di jurnal nasional maupun internasional serta menjadi anggota Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI).  

2. Dr.Ir. Nurhidayat, MP. Lahir di Pati, 23 Februari 1961. Menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana di Departemen Mikrobiologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, tahun 1986. Pendidikan Pascasarjana diselesaikan pada tahun 1993 di bidang Teknologi Hasil Perkebunan Universitas Gadjah Mada, dan program doktor ilmu-ilmu pertanian Universitas Brawijaya tahun 2012. Pengalaman dimulai sebagai dosen sejak tahun 1987 hingga sekarang. Pernah menjadi ketua laboratorium bioindustri, sekretaris maupun ketua jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya. Mulai tahun 2008 hingga sekarang ditugaskan di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya. Dalam organisasi profesi aktif sebagai pengurus baik di tingkat daerah maupun pusat. Organisasi profesi yang diikuti adalah Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI), Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan (PATPI) sebagai pengurus pusat, dan Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA) sebagai anggota. Pertama menulis buku pada tahun 1995 dengan judul Mikrobiologi Hasil Pertanian, dilanjutkan dengan buku-buku tepat guna hingga tahun 2006. Buku ajar lain adalah Mikrobiologi Industri tahun 2006, dan Biodegradasi dengan bakteri tahun 2014. 

Informasi bibliografi