Sistem Tanda Visual Logo STMIK STIKOM Indonesia

Sampul Depan
STMIK STIKOM Indonesia, 11 Nov 2019 - 137 halaman

Sistem tanda visual merupakan istilah yang cukup asing didengar, hal ini dikarenakan istilah tersebut sangat jarang digunakan secara umum. Istilah ini lebih banyak digunakan dalam dunia desain komunikasi visual, dimana sistem tanda visual merujuk pada suatu perangkat atau metode yang secara teratur digunakan sebagai bahasa komunikasi sebuah entitas untuk merepresentasikan citra maupun karakternya. Sistem tanda ini dapat berupa huruf, kata-kata, kalimat, lambang, logo, gambar, ikon, indeks, simbol, atau warna. Tanda-tanda tersebut dipilih serta digunakan secara kolektif dan konsisten sebagai bentuk komunikasi entitas kepada khalayak melalui berbagai media komunikasi visual. Hal inilah yang membuat sebuah sistem tanda visual memiliki peranan yang cukup penting bagi sebuah entitas.

STMIK STIKOM Indonesia sebagai entitas pendidikan, selama ini belum memiliki sebuah sistem tanda visual sebagai salah satu bentuk komunikasi kepada khalayak. Logo ataupun lambang sebagai bagian dari sistem tanda yang telah dimiliki selama ini, seringkali penggunaan maupun penempatannya tidak tepat dan konsisten sehingga menimbulkan kerancuan dalam mengkomunikasikan citra maupun karakter entitas.

Buku sistem tanda visual STMIK STIKOM Indonesia ini merupakan salah satu bentuk aturan baku dalam pemanfaatan dan penggunaan sistem tanda yang telah disepakati pada institusi. Sistem tanda pada STMIK STIKOM Indonesia secara garis besar akan berisi lambang dan logo, kemudian akan dipaparkan pula makna, ukuran, tata letak, versi, elemen visual pembentuk, penempatan, dan bahkan hal yang boleh dan tidak dilakukan terkait dengan sistem tanda visual STMIK STIKOM Indonesia. Selain bahasan yang mengarah pada sistem tanda, ulasan juga akan digiring pada graphic standard manual logo STMIK STIKOM Indonesia. Pada ulasan pula, tersaji kumpulan logo-logo dari entitas institusi selama kurun waktu satu dasawarsa dan dapat dikatakan bahwa, bahasan yang ada kurang lebih menjadi sebuah antologi logo di STMIK STIKOM Indonesia.

Dengan perancangan buku sistem tanda visual STMIK STIKOM Indonesia ini, diharapkan bentuk-bentuk komunikasi dengan tanda visual yang telah disepakati dan tertuang dalam statuta institusi dapat secara konsisten digunakan dan ditempatkan sebagaimana mestinya. Publikasi buku ini, selain pengumpulan beragam logo bidang yang pernah atau masih eksis, berdasarkan pula dari pengumpulan informasi desainer terkait elemen, bentuk, fungsi, dan makna logo yang dirilis sehingga jelas tujuan dari penciptaan logo-logo tersebut. Terakhir terdapat pula sedikit hasil pengamatan dengan keterkaitannya pada logo-logo yang telah diproduksi.

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2019)

I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan, kelahiran Bali, 8 Juli 1982, berprofesi sebagai dosen pada peminatan Desain Grafis dan Multimedia di STMIK STIKOM Indonesia. Berlatar belakang Desain Komunikasi Visual (DKV) dan kini sedang melanjutkan studi S3 di Kajian Budaya, Universitas Udayana. Sering melakukan riset topik DKV dan fenomena budaya populer. Sejak berkutat dalam pergaulan ilmu DKV-lah, mulai menjadi desainer freelance sejak bangku kuliah, konsultan desain, dan kontrol kualitas produk pada perusahaan luar negeri. Kini selain menjadi seorang desainer, akademisi dan membuat karya ilmiah, aktif pula dalam membuat karya ilustrasi manual ataupun digital, dan juga saat ini berprofesi pula sebagai praktisi seni tato yang telah dijalani sejak lama. Buku yang telah diterbitkan berjudul Sinema Paradoks: Pengantar dan Konteks Kontemporer.


Facebook:

web.facebook.com/anomkojar     

Instagram:

@anomkojarbali

Youtube channel:

anom kojar

Email:

anomkojar@stiki-indonesia.ac.id

I Nyoman Jayanegara, putra asli Sesetan-Denpasar, lahir pada tanggal 29 Mei 1980. Sempat berprofesi sebagai desainer di beberapa perusahaan swasta di Denpasar, saat ini berprofesi sebagai dosen peminatan desain grafis dan multimedia di STMIK STIKOM Indonesia. Menempuh pendidikan S1 dan S2 pada bidang Desain Komunikasi Visual di ISI Denpasar, dan saat ini sedang menyelesaikan studi S3 di Kajian Budaya Universitas Udayana. Sangat tertarik pada topik riset mengenai logo, branding, media komunikasi visual, serta semiotika dan sebagai seorang dosen cukup aktif mengikuti forum temu ilmiah berskala nasional maupun internasional.


Facebook:

web.facebook.com/jayanegara     

Instagram:

@jayanegara80

Email:

jayanegara@stiki-indonesia.ac.id

Informasi bibliografi