Panduan Pelaksanaan Penelitian Sosial

Sampul Depan
Gagasan penulisan buku ini berawal dari pengamatan dan pandangan tentang mahasiswa yang pemahaman dan pengalamannya mengenai penelitian bervariasi, khususnya mahasiswa tingkat Master dan Doktor. Buku ini berisi berbagai hal yang harus disiapkan dan dilakukan oleh peneliti dalam melaksanakan penelitiannya yang dimulai dari pengertian tentang penelitian, metode ilmiah, proses penelitian, dan kode etik penelitian yang mestidipedomani oleh peneliti. Selain itu, dijelaskan juga bagaimana merumuskan masalah penelitian, menyusun pertanyaan penelitian, dan membuat objektivitas penelitian yang ketiganya ini merupakan landasan dan tujuan penelitian dilakukan, yaitu apa yang akan dijawab melalui penelitian, apa yang akan dicapai melalui penelitian, dan masalah apa yang perlu diselesaikan dengan penelitian. Dalam buku ini dijelaskan pula pentingnya landasan teori, pemahaman tentang kerangka teoretis, hipotesis, dan berbagai hal mengenai teori yang mencakup konsep, konstruk, dan proposisi, serta penjelasan mengenai variabel dan berbagai hubungan antarvariabel. Hal penting lainnya yang disajikan dalam buku ini adalah desain penelitian yang mencakup filosofi penelitian, jenis penelitian, strategi penelitian, jenis data dan berbagai cara pengumpulan data, berbagai metode pengambilan sampel, serta berbagai alat statistik untuk melakukan analisis data penelitian. Untuk edisi revisi ini, pada bagian analisis ditambahkan dengan analisis kovariansi untuk lebih menambah alat analisis dan uji hipotesis yang dapat digunakan dalam penelitian. Pada bagian akhir dari buku ini diberikan juga penjelasan mengenai penulisan laporan penelitian. 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Tentang pengarang

Dilahirkan di Hutarimbaru, Mandailing Natal, Sumatra Utara, pada 7 Juli 1962.Beliau memperoleh gelar Sarjana Statistik dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1984 dan Magister Statistik Terapan pada tahun 1989 dari perguruan tinggi yang sama.


Saat ini bertugas sebagai Associate Professor di Faculty of Business Administration, Kanagawa University Jepang, yang dijalani beliau sejak tahun 2015. Beliau menyelesaikan PhD untuk Business Administration dari Asia e-University, Kuala Lumpur, Malaysia.


Sekarang merupakan dosen senior di Sekolah Pengurusan Teknologi dan Logistik Fakultas Manajemen Teknologi dan Logistik, di Universiti Utara Malaysia (UUM), Sintok, Malaysia. Dilahirkan di Changloon, Kedah pada tanggal 7 Agustus 1967.


Dilahirkan pada 14 Juni 1977 di Alor Setar, Kedah, Malaysia. Beliau mengikuti pendidikan Sarjana untuk bidang Business Studies melalui program kerja sama antara Universiti Teknologi Mara (UiTM) dengan universitas-universitas di Amerika Serikat.


Memulai kariernya sebagai Research Fellow di Universiti Utara Malaysia sejak tahun 1999 sampai 2003. Beliau sekarang terdaftar sebagai dosen senior di Universiti Malaysia Perlis. Selama bertugas sebagai dosen, beliau telah mengajar di berbagai jenjang pendidikan mulai dari diploma, sarjana, master, dan doktor untuk mata kuliah-mata kuliah Manajemen, Ekonomi Teknik, Kewirausahaan, dan Teknologi Informatika baik di Pusat Keterampilan Komunikasi dan Kewirausahaan maupun di Pusat Perniagaan Inovasi dan Teknousahawan, UniMAP


Informasi bibliografi