TEKNIK PENYUSUNAN SKRIPSI

Sampul Depan
Absolute Media, 21 Mar 2012 - 124 halaman

Bagi kebanyakan mahasiswa, membuat karya ilmiah berupa skripsi bukan hal yang mudah bahkan membuat skripsi masih menjadi hal yang sangat menakutkan terlebih bagi mahasiswa yang tidak terbiasa menulis. Bahkan jika boleh memilih, mahasiswa akan lebih memilih masuk kuliah selama beberapa semester ketimbang mengerjakan skripsi. Sementara tugas pembuatan skripsi sudah menjadi syarat wajib bagi mahasiswa yang ingin mendapat gelar strata satu (S1) baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Skripsi juga merupakan sebuah bukti yang menunjukkan kemampuan akademik mahasiswa yang bersangkutan dalam penelitian yang berhubungan dengan masalah pendidikan sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

Sebagai sebuah karya ilmiah, penulisan skripsi haruslah mengacu kepada ketentuan-ketentuan atau kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan oleh sebuah Perguruan Tinggi. Skripsi juga harus disusun dengan menggunakan prosedur dan tata cara yang sistematik dengan suatu bahan acuan dan kebenaran yang berlaku dalam dunia keilmuan. Dalam beberapa hal antara satu perguruan tinggi yang satu dengan lain memiliki ketentuanketentuan yang berbeda dalam penyusunan skripsi. Meskipun secara umum antara satu perguaran tinggi dengan perguruan tinggi yang lain memiliki kesamaan. Ketentuan-ketentuan penulisan skripsi yang cukup ketat itu membuat mahasiswa mendapati banyak kesulitan di dalam menulis skripsi.

Beberapa buku panduan tentang penyusunan skripsi sudah banyak ditulis terutama oleh para dosen yang mengampu bidang matakuliah Metododologi Penelitian Skripsi. Hal itu dilakukan dalam rangka memudahkan para mahasiswa di dalam menulis skripsi.

Salah satunya adalah buku yang ada di tangan pembaca ini. Buku yang berjudul “Teknik Penyusunan Skripsi” yang ditulis oleh seorang dosen di sebuah Perguruan Tinggi Ilmu Tarbiyah di Muara Enim ini merupakan sebuah upaya membantu mahasiswa di dalam menyusun skripsi. Buku yang ada ditangan pembaca ini merupakan hasil pengalaman penulisnya selama mengajar matakuliah Metodologi Penelitian dan Praktik Penelitian Pendidikan pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITar) Kabupaten Muara Enim.

Buku ini layak dimiliki oleh para mahasiswa sebagai bahan acuan dalam menyusun skripsi. Buku ini menejelaskan panjang lebar tentang cara menyusun skripsi dengan baik. Baik penyusuan skripsi lewat penelitian pustaka maupuan penelitian lapangan. Dalam buku ini juga dicantumkan contoh penyusunan skripsi, tentang cara membuat judul skripsi yang baik, cara menyusun latar belakang masalah yang baik, dan lain-lain.

Terbitnya buku yang berjudul “Teknik Penyusuan Skripsi” ini diharapkan akan menjadi bahan referensi bagi mahasiswa dan juga mempermudah bagi para mahasiswa dalam menyusun skripsi.


Selamat membaca!!!

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Isi

Bagian 1
1
Bagian 2
5
Bagian 3
11
Bagian 4
17
Bagian 5
21
Bagian 6
25
Bagian 7
33
Bagian 8
37
Bagian 9
51
Bagian 10
67
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2012)

Mukhtazar, dilahirkan di Kabupaten Muara Enim, Kecamatan Semende Darat Ulu, tepatnya di Desa Aremantai pada tanggal 21 September 1981. Pada tahun 1994 lulus Sekolah Dasar di SDN No 1 Aremantai, pada tahun 1997 lulus MTs Raudhatun Nasihin Aremantai, selanjutnya lulus Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang pada tahun 2000. Penulis melanjutkan ke Program Diploma II Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah (PGMI) pada Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang dan lulus pada tahun 2002 dan sarjana lengkap penulis tempuh pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia lulus pada tahun 2005. Penulis diangkat sebagai guru PNS pada lingkungan Kementerian Agama pada tahun 2005. Pada tahun 2009 penulis menikah dengan Rahmi Annisa, SE.I dan ”baru” dikaruniai satu orang anak yang bernama Muhammad Agung Izzulhaq. Kemudian pada tahun 2010 penulis berhasil meraih gelar Magister Pendidikan (M.Pd) pada Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Palembang. Sejak tahun itu juga penulis aktif mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Enim dan aktif mengikuti berbagai kegiatan ilmiah, penelitian, seminar, lokakarya, serta menulis beberapaartikel ilmiah.

Informasi bibliografi