Mengenal Lebih Dekat Profesi Dokter Hewan 

Sampul Depan
Iwan Berri Prima, 11 Sep 2021 - 234 halaman

Dokter hewan merupakan profesi kedokteran yang memiliki peran cukup penting dalam menyehatkan masyarakat. Profesi ini sejatinya adalah profesi dokter yang layak dikenal masyarakat. Selain unik, dokter hewan memiliki kekhasan dan keistimewaan tersendiri. Karena bukan hanya mengobati hewan (pasien), tetapi juga mengomunikasikan dengan pemilik hewan (klien). Di tataran kampus, profesi ini sejak tahun 2017 sudah masuk ke dalam rumpun ilmu kesehatan. Serumpun dengan dokter, dokter gigi, apoteker, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya. Namun, peran dan popularitas dokter hewan sepertinya masih kalah oleh profesi kedokteran lainnya. Mengapa hal itu terjadi?  


Buku berjudul Mengenal Lebih Dekat Profesi Dokter Hewan? berisi sejarah dokter hewan di Indonesia, peran dokter hewan dalam dunia kesehatan masyarakat, peranan dokter hewan dalam pengendalian, penanggulangan penyakit hewan, dan upaya peningkatan perekonomian serta tantangan dan peluang yang dihadapi dokter hewan di Indonesia. Buku ini juga merupakan kumpulan tulisan penulis yang sudah pernah dimuat diberbagai media massa, baik ketika penulis masih menyandang status mahasiswa, maupun ketika penulis sudah bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).  


Selain itu, banyak khazanah pengetahuan yang

termaktub di dalam buku ini. Sebuah bacaan istimewa yang dikemas apik sehingga dapat dikonsumsi oleh kalangan pembaca mana pun. Akan tetapi, penulis menyadari belum semua yang berkenaan dengan dokter hewan tertuang dalam buku ini, tapi setidaknya buku ini dapat sedikit menambah wawasan kita tentang gambaran profesi dokter hewan di Indonesia.

 

Halaman terpilih

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2021)

drh. Iwan Berri Prima, M.M, biasa dipanggil Berri, seorang dokter yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (ASN), lahir di Bantul, Yogyakarta, tanggal 4 April 1985 sebagai anak pertama dari pasangan H. Suhartono dan Hj. Kopsyah. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMAN 1 Pelepat, sekarang SMAN 3 Bungo, Jambi), tahun 2003 melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (sekarang IPB Bogor University) dari jenjang sarjana (S‐1) hingga Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), serta menamatkan pascasarjananya di Fakultas Ekonomi, Universitas Winaya Mukti Bandung.  


Hingga september 2021, penulis telah berhasil menulis sebanyak 20 judul buku, dengan 8 diantaranya adalah buku tunggal dan penulis pertama atau buku dengan nomor ISBN atas namanya sendiri.

Informasi bibliografi