Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri

Sampul Depan
UMSU Press
0 Resensi

Buku ini cocok untuk peneliti pemula, khususnya mahasiswa sarjana (undergraduate) dan pascasarjana (postgraduate). Umumnya mahasiswa mengalami kendala dalam menulis proyek penelitian mereka yakni skripsi, tesis dan disertasi. Kendala tersebut terletak pada kemampuan untuk menginterpretasikan pengetahuan yang diperoleh selama pembelajaran metodologi penelitian ke dalam praktik penulisan proposal dan laporan penelitian. Buku ini menjawab kendala tersebut. Ciri khas buku ini, selain memberikan pengetahuan konseptual tentang penelitian, juga memaparkan teknik-teknik menyusun proposal dan laporan penelitian. Teknik-teknik yang diberikan cukup praktis, dimulai dari mengidentifikasi masalah dan merumuskan judul penelitian, membuat proposal sampai kepada penyusunan laporan penelitian. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik-teknik mengolah dan menganalisis data dengan bantuan software statistik SPSS. Statistik yang disajikan adalah statistik deskriptif, parametrik dan nonparametrik, termasuk validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi menggunakan variabel intervening (jalur/path analysis) dan variabel moderator (moderated regression). Teknik-teknik yang ada disetting sedemikian rupa agar dapat dipelajari secara mandiri tanpa bantuan dosen maupun instruktur.

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Tentang pengarang

Azuar Juliandi adalah dosen PNS Kopertis Wilayah I yang ditugaskan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sejak tahun 2001. Selain itu penulis juga turut berkontribusi sebagai staff pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Batam mulai tahun 2010 dan FISIP Universitas Sumatera Utara dari tahun 2012. Penulis telah mengikuti berbagai program kompetisi penelitian dosen yang diselenggarakan Dikti seperti penelitian dosen muda, hibah bersaing dan teaching grant sejak tahun 2005, proyek-proyek program penelitian di Sumatera Utara dan Kepulauan Riau, serta aktif memberikan pelatihan metodologi penelitian di lingkungan perguruan tinggi baik di Kota Medan dan Batam. Penulis menyelesaikan pendidikan S1 tahun 1999 dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Sumatera Utara. Pada tahun yang sama yakni tahun 1999 juga menyelesaikan pendidikan S1 dari Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendidikan S2 diselesaikan pada tahun 2004 dari Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Sumatera Utara. Tahun 2010 penulis memulai pendidikan S3 di Program Studi Human Resources Development, Islamic Development Management (ISDEV), Universiti Sains Malaysia. 
Irfan adalah Dosen tetap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sejak tahun 2000. Penulis juga bekerja sebagai staff pengajar tidak tetap di Universitas Batam sejak tahun 2011. Berbagai program kompetisi penelitian dosen yang diselenggarakan Dikti sejak tahun 2007 berhasil dimenangkan oleh penulis, antara lain penelitian dosen muda, hibah bersaing dan teaching grant. Penulis juga aktif sebagai trainer pelatihan metodologi penelitian di lingkungan perguruan tinggi baik di Kota Medan dan Batam. Tahun 1994 penulis menyelesaikan pendidikan S1 di Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tahun 2001 pendidikan S2 diselesaikan dari Program Magister Manajemen STIE Labora Jakarta. Tahun 2010 mengikuti pendidikan formal terakhir S3 di Program Studi Islamic Accounting, Islamic Development Management (ISDEV), Universiti Sains Malaysia. 
Saprinal Manurung adalah Dosen tetap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sejak tahun 2001. Berbagai program kompetisi penelitian dosen yang diselenggarakan Dikti sejak tahun 2008 berhasil dimenangkan oleh penulis. Penulis juga aktif sebagai trainer pelatihan metodologi penelitian di lingkungan perguruan tinggi baik di Kota Medan dan Kuala Lumpur. Tahun 1998 penulis menyelesaikan pendidikan S1 di Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tahun 2005 pendidikan S2 diselesaikan dari Program Studi Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. Tahun 2010 mengikuti pendidikan formal terakhir S3 di bidang kajian Islamic Economic Development, International Islamic Universiti Malaysia.

Informasi bibliografi