Penembak Jitu: Sepilihan Cerita Pendek Dunia

Sampul Depan

“Di suatu persimpangan jalan kita dihadapkan pada pilihan antara pergi ke arah kanan atau ke arah kiri, dan sekali keputusan diambil, adalah sukar dimengerti bahwa semua jalan dalam sejarah dunia mengharuskan kita menempuh arah yang telah kita pilih itu.” (W. Somerset Maugham)

Pemublikasian kumpulan cerita pendek terjemahan Penembak Jitu: Sepilihan Cerpen Dunia ini merupakan bagian dari rangkaian penerbitan seri Khazanah Sastra Dunia dari Penerbit Buku Sastra Digital yang sebelumnya telah didahului oleh peluncuran tiga buku puisi terjemahan pada 2019, masing-masing karya penyair Pablo Neruda (Chile), József Attila (Hongaria), dan Milan Rúfus (Slovakia). Sebagaimana ketiga buku tersebut, kumpulan cerita pendek ini pun hanya diterbitkan dalam bentuk digital, tidak dalam bentuk buku cetak (printed book).

Penembak Jitu mempublikasikan enam cerita pendek yang ditulis para sastrawan dunia terkemuka, yaitu Oscar Wilde, W. Somerset Maugham, Augusto Monterroso, Liam O’Flaherty, Virginia Woolf, dan Ignazio Silone. 

Seluruh cerita pendek dalam buku ini, yang diterjemahkan oleh Cecep Hari (seorang penyair, penulis esai, dan penerjemah), sebelumnya pernah dimuat di sejumlah media cetak yang terbit di Bandung dan Jakarta pada tahun 1990-an. 

Tentang pengarang (2020)

Liam O'Flaherty (28 Agustus 1896 – 7 September 1984) adalah seorang penulis cerita pendek dan novelis terkemuka asal Irlandia. Ia pernah mengabdi sebagai tentara Irish Guard.

Augusto Monterroso (21 Desember 1921 – 7 Februari 2003) adalah pengarang kelahiran Honduras yang kemudian mengambil kewarganegaraan Guatemala. Ia dikenal luas karena gaya bercerita yang humoris dan ironis dalam karya-karyanya. Ia dipandang sebagai salah seorang tokoh penting dalam kesusastraan Amerika Latin. Ia menerima sejumlah penghargaan sastra, antara lain Prince of Asturias Award in Literature (2000), Miguel Ángel Asturias National Prize in Literature (1997), dan Juan Rulfo Award (1996).

W. Somerset Maugham (25 Januari 1874 – 16 Desember 1965) adalah seorang penulis cerita pendek, novel dan drama berkebangsaan Inggris. Pada tahun 1930-an ia merupakan pengarang yang paling dikenal dengan bayaran yang paling tinggi pada masanya. Novelnya pertama adalah Liza of Lambeth (1897) yang laku keras dan yang membuat ia memutuskan menjadi penulis sepenuhnya. Selama dan setelah Perang Dunia Pertama ia banyak melakukan perjalanan di India, Asia Tenggara dan Pasifik. Pengalaman selama perjalanannya ini banyak mengilhami karya-karya cerita pendek dan novelnya.

Oscar Wilde (16 Oktober 1854 – 30 November 1900) adalah seorang penyair dan penulis drama Irlandia. Setelah menjelajahi berbagai genre penulisan, sejak 1890-an awal ia menjadi penulis drama paling dikenal di London. Ia juga dikenal karena novelnya yang masyhur, The Picture of Dorian Gray. Kumpulan lengkap karya-karyanya dipublikasikan dalam The Complete Illustrated Works of Oscar Wilde yang diterbitkan sebagai edisi pertama oleh Chancellor Press, London, pada 1986.

Virginia Woolf (25 Januari 1882 – 28 Maret 1941) adalah seorang pengarang Inggris dan salah satu tokoh gerakan modernis penting Abad ke-20 dalam kesusastraan selain dipandang sebagai pelopor penggunaan stream of consciousness sebagai perangkat naratif (narrative device) dalam penulisan cerita. Woolf menjadi subjek utama dalam gerakan kritisisme feminis pada tahun 1970-an. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa.

Secondino Tranquilli atau lebih dikenal sebagai Ignazio Silone (1 Mei 1900 – 22 Agustus 1978), selain sebagai penulis cerita pendek dan tokoh politik di Italia, ia juga sangat dikenal karena novel-novelnya yang anti-Fascist. Ia sepuluh kali dinominasikan sebagai penerima Hadiah Nobel Kesusastraan. Penghargaan yang pernah diterimanya, antara lain: Jerusalem Prize (1969) dan Prix Mondial Cino Del Duca (1971).

PENERJEMAH/TRANSLATOR: Cecep Hari (Cecep Syamsul Hari). Ia adalah seorang penyair dan penulis esai. Ia juga seorang editor dan telah menerjemahkan sejumlah buku. Ia pernah menjadi sastrawan dan penerjemah tamu di beberapa negara. Official Website: http://www.cecephari.com

Informasi bibliografi