Konsep Algoritme dan Aplikasinya dalam Bahasa Pemrograman C++

Front Cover
Penerbit Andi, Dec 21, 2020 - Computers - 192 pages
1 Review
Reviews aren't verified, but Google checks for and removes fake content when it's identified

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015). Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) algoritme adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. KBBI juga menyatakan bahwa algoritme adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Algoritme juga dapat dinyatakan sebagai suatu urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan.

Program komputer dibuat sebagai alat bantu yang dapat membantu menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Dalam membuat sebuah program perlu memperhatikan tiga tahapan pokok sebagai berikut.

1. Memahami permasalahan apa yang akan dibuatkan solusi dalam bentuk program dan menentukan tujuan dari program itu dibuat. Pada tahap ini jenis, bentuk, dan karakteristik dari input serta output yang diharapkan harus dapat diidentifikasi. Untuk permasalahan yang lebih besar, diperlukan juga secara pasti asal, frekuensi, dan volume data input serta tujuan, frekuensi, dan volume output data yang diharapkan.

2. Menyusun konsep/rancangan/desain penyelesaian masalah dari masalah yang diangkat. Berdasarkan pemahaman terhadap permasalahan tersebut, dihasilkan rancangan sebuah alur proses untuk mengolah data input untuk dapat menghasilkan data output yang sesuai dengan jenis, bentuk, dan karakteristik yang diharapkan.

3. Mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam bentuk program terstruktur. Program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman apa pun.

Algoritme pemrograman adalah suatu urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Penyajian algoritme dapat dilakukan dalam dua jenis, jenis pertama adalah penyajian algoritme dalam bentuk tulisan (pseudocode) dan jenis yang kedua adalah dengan penyajian algoritme dalam bentuk gambar (flowchart).

Dalam menulis program dengan menggunakan suatu bahasa komputer, ada kemungkinan terjadi kesalahan baik itu pada sintaksis, semantik atau kebenaran logika. Kesalahan sintaksis akan langsung terlihat karena komputer akan langsung menampilkan pesan kesalahan. Sedangkan untuk kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurangpahaman terhadap setiap pernyataan yang dituliskan pada program, sehingga walaupun program bisa berjalan tetapi tidak seperti yang dikehendaki. Untuk kesalahan dalam pengimplementasian masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika. Adapun contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Pascal dan C.

 

What people are saying - Write a review

We haven't found any reviews in the usual places.

Contents

Bab 2 BAHASA PEMROGRAMAN C++
13
Bab 3 STRUKTUR PERCABANGAN
49
Bab 4 STRUKTUR PERULANGAN
69
Bab 5 FUNGSI
83
Bab 6 ARRAY
97
Bab 7 ALGORITME PENGURUTAN
109
Bab 8 ALGORITME PENCARIAN
141
Bab 9 ALGORITME REKURSIF
153
DAFTAR PUSTAKA
163
GLOSARIUM
165
TENTANG PENULIS
169
INDEKS
171
Copyright

Common terms and phrases

About the author (2020)

Shofwan Hanief, S.Kom., M.T. adalah dosen di Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Sekilas riwayat pendidikan formal, penulis menyelesaikan pendidikan S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) dari Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Menempuh pendidikan S-2 dan memperoleh gelar Magister Teknik (MT) dari Pascasarjana Fakultas Teknik Elektro Program Studi Magister (S-2) Universitas Udayana.

Penulis mulai aktif sebagai dosen sejak tahun 2008 dan mengajar beberapa mata kuliah, seperti: Algoritme dan Pemrograman, Analisis Desain Sistem, Pemodelan Berorientasi Obyek, dan Audit Sistem Informasi. Penulis juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dipublikasikan ke jurnal-jurnal nasional dan internasional.


I Wayan Jepriana, S.Kom., M.Cs. adalah Dosen di Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Sekilas riwayat pendidikan formal, penulis menyelesaikan pendidikan S-1 dan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) dari Program Studi Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali pada tahun 2014. Menempuh pendidikan S-2 dan memperoleh gelar Master of Computer Science (M.Cs.) dari Program Studi Magister (S-2) Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada pada tahun 2018. Sejak masih kuliah, penulis sudah aktif sebagai asisten dosen. Penulis mulai aktif sebagai dosen sejak tahun 2018 dan mengajar beberapa mata kuliah, seperti: Algoritme dan Pemrograman, Struktur Data, Basis Data, Pemrograman Berorientasi Obyek, dan Mobile Programming. Penulis juga aktif melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah di jurnal lokal maupun nasional.

Bibliographic information