Teknologi Big Data: Sistem Canggih dibalik Google Facebook Yahoo! IBM

Sampul Depan
Vijjam Wjaya, 5 Feb 2019 - 233 halaman

Buku ini adalah edisi ke-2 ( revisi ) setelah edisi pertama beredar selama hampir 4 tahun ( terbit pada 31 Maret 2019 ). Dibanding edisi sebelumnya, tentu saja edisi revisi ini memiliki konten yang lebih up to date dan lebih lengkap.

Edisi terbaru ini didedikasikan untuk dapat memberikan pengetahuan dasar namun komprehensif tentang konsep Big Data beserta teknologi terapannya. Isinya disajikan sedemikian rupa mulai dari teori yang sifatnya konseptual, tutorial, hingga contoh implementasi sederhana yang berbasis real world data.

Pembahasan dimulai dengan definisi Big Data, latar belakang munculnya istilah tersebut, serta berbagai contoh kasus aplikasinya. Kemudian dilanjutkan dengan konsep teknologi Big Data yang telah dikembangkan oleh Google, diantaranya: Google File System, MapReduce, dan Big Table.

Pada bab berikutnya, diuraikan konsep dan cara kerja Hadoop, HBase, dan Spark yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Selain itu, dibahas juga tentang teknologi web crawling dan database NoSQL MongoDB.

Pada bab terakhir, guna merealisasikan pemahaman yang lebih komprehensif, disajikan sejumlah contoh sederhana implementasi teknologi Big Data yang mencakup tahap pengumpulan data, penyimpanan, analisa, hingga presentasi atau visualisasi. Contoh-contoh implementasi tersebut dikerjakan dengan memberdayakan real world data ( bukan data simulasi ).

Sebagai pelengkap, pada bagian lampiran disertakan tutorial tentang cara setup dan penggunaan Hadoop, MapReduce, HBase dan Spark, baik pada platform Windows maupun Linux yang disertai dengan contoh program aplikasi.

Dengan konten yang mencakup aspek teori dan implementasi praktis, buku ini dapat menjadi referensi bagi berbagai kalangan: pelajar, akademisi, pelaku bisnis, maupun pemerintah, atau bahkan dapat menjadi semacam sumber inspirasi guna memicu lahirnya inovasi-inovasi kreatif terkait pemberdayaan data dan informasi, khususnya dalam konteks Big Data.

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Ulasan Pengguna - Tandai sebagai tidak pantas

big data

Halaman terpilih

Isi

Adopsi Teknologi Big Data di Indonesia
5
BAB2
11
Definisi Big Data
17
BAB3
23
Kesimpulan
39
Kelebihan Hadoop 2 vs Hadoop 1
51
Web Crawler
67
IMPLEMENTASI SEDERHANA TEKNOLOGI BIG DATA
77
Analisa Sentimen terhadap Teks Cuitan Twitter
134
LAMPIRANA
148
Instal Hadoop 2 mode Pseudodistributed pada Linux CentOS 7
157
Menjalankan MapReduce Wordcount pada Hadoop 2 Pseudodistributed
168
LAMPIRAN C
183
Implementasi Model Pemrograman MapReduce untuk Mencari Mutual
194
LAMPIRAN D
204
INDEKS
217

Penggunaan Hadoop dan HBase untuk Memproses Real World
107
Aplikasi Smartphone Berbasis Scrapy dan MongoDB
117
TENTANG PENULIS
224
Hak Cipta

Edisi yang lain - Lihat semua

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2019)

Wayan Mahardhika Wijaya adalah seorang pecinta teknologi informasi yang gemar memanfaatkan waktu luangnya untuk menulis artikel-artikel seputar teknologi Big Data, mengembangkan aplikasi smartphone ( iOS maupun Android ), aplikasi berbasis Machine Learning dengan Java, serta aplikasi desktop berbasis WPF ( .NET C# ).

Gelar Bachelor of Engineering in Computer Science didapatkannya dari National Defense Academy of Japan ( NDA Japan ) setelah menempuh pendidikan selama 4,5 tahun dengan beasiswa penuh dari Japan Defense Agency.

Setelah beberapa tahun bekerja di tanah air, ia kembali lagi ke Jepang untuk menempuh pendidikan magister di NDA Graduate School of Science and Engineering, Department of Mathematics and Computer Science, bidang studi Applied System and Security Engineering dengan bea siswa penuh dari Japan Ministry of Defense.

Gelar Master of Engineering diraihnya setelah menempuh pendidikan selama dua tahun dengan tema research tentang penerapan teknologi Big Data untuk memproses data-data dari dunia nyata ( bukan data simulasi ). Salah satu paper-nya yang berjudul Predicting Ship Behavior Navigating Through Heavily Trafficked Fairways by Analyzing AIS Data on Apache HBase berhasil mendapat penghargaan "Best Paper Award" pada CANDAR'13 ( The First International Symposium on Computing and Networking - Across Practical Development and Theoretical Research 2013 ) yang diselenggarakan di Kota Matsuyama Jepang pada 4 s.d. 6 Desember 2013.

Ia dapat dihubungi melalui blog pribadinya di http://www.teknologi-bigdata.com atau via email wijaya1414@gmail.com.

Informasi bibliografi