E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya

Sampul Depan

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya.

Sistem e-learning adalah mutlak diperlukan untuk mengantisipasi perkembangan jaman dengan dukungan teknologi informasi di mana semua menuju ke era digital, baik mekanisme maupun konten. Dalam pengembangannya, sistem harus didahului dengan melakukan analisa terhadap kebutuhan dari pengguna (user needs).

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Isi

Terminologi Learning
6
Tampilan Depan LEMHANNAS RI
12
Pembelajaran Sinkronus
24
Fitur Utama Learning Management System
39
Tampilan Utama Aplikasi Moodle
46
Model Desain Dick and Carey
52
Taksonomi Bloom
59
Objektif pembelajaran flipped classroom
65
Model Pengembangan menurut Lee dan Owens
73
Video conferencing proses belajar mengajar
87
Sistem settop cisco meeting room
91
Form pembuatan jadwal meeting
97
Tahapan Penerapan Teknologi dalam
109
Matriks Kepercayaan Penerapan Pembelajaran
116
Tampilan Moodle LMS
128
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2019)


Lidia Simanihuruk, S.Si, M.Pd, lahir di Medan pada tanggal 01 Mei 1986. Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana Sains pada 02 Oktober 2009. Ia merupakan alumnus Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan. Pada tahun 2010 mengikuti Program Magister Pendidikan Dasar dan lulus pada tahun 2012 dari Universitas Negeri Medan. Pada tahun 2015 diangkat menjadi Dosen Universitas Negeri Medan dan ditempatkan di Fakultas Ilmu Pendidikan pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Dr. Janner Simarmata, S.T., M.Kom, Sarjana Teknik Informatika dari STMIK Bandung, Magister Ilmu Komputer dari Universitas Gadjah Mada dan Doktor Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK) diperoleh dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Menulis buku sejak tahun 2006 dan telah menulis buku sebanyak 37 judul hingga saat ini. Dosen di Universitas Negeri Medan. Informasi lengkap dapat dilihat di web pribadi www.jannersimarmata.com.


Acai Sudirman, SE, MM, Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Buku yang telah terbit hasil kolaborasi dengan para dosen salah satunya adalah FINTECH: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital yang telah terbit pada bulan Oktober tahun 2019.


Muhammad Said Hasibuan, M.Kom, dilahirkan di Rantau Prapat 12 Januari 1977. Saat ini bertugas sebagai dosen Magister Teknologi Informasi di kampus IBI Darmajaya Lampung. Menempuh Pendidikan S1 Teknik Informatika di Universitas Bina Darma Palembang, S2 Ilmu Komputer dari Universitas Gadjah Mada. Sejak tahun 2015 sedang menempuh Pendidikan doktor di Universitas Gadjah Mada dengan konsentrasi Teknologi Informasi pada Pendidikan. Menjadi konsultan dibeberapa kantor pemerintahan dalam membangun Smart City. Aktif dan menjadi pengurus di Aptikom Pusat dan Relawan TIK Indonesia sejak tahun 2011.


Meilani Safitri, M.Pd. Lahir di Palembang pada tanggal 13 Mei 1989 dari pasangan Abidin Hasbini, S.E. & AStina Zakaria, M.Si. Mengawali pendidikan formalnya di SDN 250 Palembang (SDN 107 Palembang) yang lulus pada tahun 2001, melanjutkan ke SMPN 14 Palembang dan lulus pada tahun 2004, meneruskan ke SMAN 14 Palembang dan lulus pada tahun 2007, di tahun yang sama penulis memulai masa studi di FKIP Universitas Sriwijaya dan lulus pada tahun 2011.

Penulis melanjutkan ke jenjang S2 di Program Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya pada tahun 2011-2013. Istri dari M.Ridwan Aziz, M.Pd. ini mempersembahkan bukunya untuk kedua buah hati mereka Athar & Fatih. Saat ini penulis merupakan dosen aktif di UIN Raden Fatah & Universitas Sjakhyakirti Palembang. Sebelumnya penulis merupakan dosen aktif di AMIK Bina Sriwijaya Palembang, guru matematika & computer di SMPN 54 Palembang, serta guru matematika di SMK Mandiri Palembang.

Karya-karya ilmiah yang pernah ditulis antara lain Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 45 Palembang (2011), Pengembangan Media Pembelajaran Segitiga Menggunakan Macromedia Flash untuk Siswa SMP kelas VII (2013), Implementasi Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa Sebagai Wujud Pendidikan Karakter (2017), Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Melatih Pemahaman Konsep Siswa (2017), Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash (2017), Implementasi E-Learning pada Mata Kuliah Matematika Diskrit (2018), Pemanfaatan Software Berbasis Internet Dalam Pembelajaran Matematika (2018), Pembelajaran Berbantuan Komputer: Penerapan dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (2019), Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0 (2019), Penerapan Learning Managemen System (LMS) Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Digital (2019). Penulis dapat dihubungi melalui surel meilani.safitri@ymail.com atau nomor pribadi 081367415182.


Oris Krianto Sulaiman, S.T., M.Kom, lahir pada hari jumat tanggal 16 maret 1990, menyelesaikan studi sarjana teknik informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan magister teknik informatika Universitas Sumatera Utara (USU). Berprofesi sebagai pengajar, dan network admin professional. Saat ini bekerja sebagai staff pengajar di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) serta leader network admin di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Tertarik terhadap dunia jaringan komputer, keamanan komputer dan jaringan, sistem operasi, pemrograman web, open source software dan publikasi ilmiah. Beberapa kali pernah menjadi narasumber untuk event mengenai publikasi ilmiah dan komputer. Penulis juga aktif membagikan tulisan mengenai tutorial-tutorial publikasi ilmiah dan komputer dalam website pribadi yang dapat diakses melalui ilmubersama.com. Dalam bidang edukasi sebagai pengajar penulis telah memperoleh sertifikasi internasional dari Microsoft pada tahun 2018 yaitu Microsoft Certified Educator (MCE) Technology Literacy for Educator.

Penulis juga tergabung dalam komunitas medan network, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) wilayah sumatera utara sebagai trainer dan koordinator divisi akreditasi jurnal ilmiah wilayah sumatera utara, anggota Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT), dan anggota Assosiasi Dosen Indonesia (ADI).

Buku ini merupakan buku kelima karya penulis. Empat buku sebelumya berjudul 13 Lab Cisco Packet Tracer (2017), 13 Lab Cisco Packet Tracer: Routing and Switching (2018), Portal Peneliti (2019), E-Commerce Implementasi, Strategi & Inovasinya (2019). Penulis mempunyai motto “Berbagi Bersama Ilmu Bersama”.

Semoga Tulisan yang ada pada buku ini memberikan manfaat bagi pembaca. Kritik dan saran apapun akan penulis tampung sebagai upaya menjadi lebih baik. Penulis dapat dihubungi melalui WA: 0823-6978-3801 atau melalui email oris.ks@ft.uisu.ac.id / oris.ks@unimed.ac.id.


Rahmi Ramadhani, M.Pd. Lahir di Medan, Sumatera Utara, Indonesia, dan merupakan putri kedua dari pasangan Umar Khatib dan Lela Hayati. Menyelesaikan kuliah S-1 di Insititut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN-SU), program studi Pendidikan Matematika pada tahun 2012 dan melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister Pendidikan (S-2) di Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, program studi Pendidikan Matematika serta lulus pada tahun 2015.

Saat ini bertugas sebagai dosen matematika di Universitas Potensi Utama, Medan-Sumatera Utara sejak tahun 2015-sekarang. Fokus penelitian yang dilakukan dalam bidang pendidikan matematika, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), ICT dalam pembelajaran, kemampuan problem solving, pendidikan berbasis STEM dan pendekatan ethnomatematika. Penelitian yang pernah dilakukan adalah Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Model Problem Based Learning (2016), Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph (2017), Pengembangan LKS Budaya Lokal Berbasis Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Statistik Siswa Kelas XI SMA YPK Medan (2018-Hibah Penelitian Dosen Pemula), The Enhancement of Mathematical Problem Solving Ability and Self Confidence of Students Through Problem Based Learning (2018), Problem Based Learning Method with GeoGebra in Mathematical Learning (2018), The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated with LMS-Google Classroom for Senior High School Students (2019).

Penulis juga beberapa kali melakukan kolaborasi penelitian yang dilakukan dengan berbagai peneliti yang ada di Indonesia dan luar negeri. Selain penelitian, penulis juga pernah mendapatkan hibah Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang diberikan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2019 dan telah mempublikasikan hasil kegiatannya yang berjudul The Implementation of LMS-Google Classroom to Improving Competence Skill of Senior High School Teachers’ in Industrial Revolution 4.0 (2019). Saat ini penulis juga merupakan anggota dari IndoMS (Indonesian Mathematical Society) sejak tahun 2018, anggota dari Himpunan Matematika Nusantara (MatNus) sejak tahun 2017 dan juga merupakan reviewer di beberapa jurnal nasional terindeks Sinta 3, seperti Jurnal Gantang dan jurnal nasional terindeks Sinta 5- Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). E-mail: rahmiramadhani3@gmail.com, Phone: (+62)81262900365 dan ORCID Number: 000-0002-8049-7234.


Dr. Syafrida Hafni Sahir lahir di Medan, memiliki 3 orang putra. Tahun 1989, menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Sumatera Utara (USU) dan bekerja di konsultan teknik PT. Cipta Strada dan PT. Dian Farica. Tahun 1990 bekerja di Bank Niaga Medan sebagai Credit Analyst. Tahun 1994, menjadi dosen PNS di lingkungan LLDIKTI-I dan menyelesaikan studi S2 di Pasca Sarjana jurusan Ilmu Manajeman di Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun 2004. Pendidikan terakhir S3 diperoleh dari University Malaya, Kuala Lumpur pada tahun 2010 jurusan Sosiologi Bandar. Saat ini aktif mengajar di FEB – Universitas Medan Area dan merupakan Editor in Chief dari JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen) yang telah terakreditasi SINTA 3.

Penulis juga menjadi dosen tamu di Pasca Universitas Sumatera Utara dan beberapa Pasca Universitas Swasta. Saat ini Penulis tergabung dalam Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) dan anggota Assosiasi Dosen Indonesia (ADI).

Informasi bibliografi