Suka (Tanpa Duka) Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Sampul Depan
Buku ini sangat menarik dibaca oleh siapapun yang berkecimpung di dunia pengelolaan jurnal. Pengalaman setiap pengelola yang memiliki peran berbeda akan menjadi sumber pengetahuan yang patut diserap sebagai sebuah pengalaman 'lain' yang bisa jadi memiliki manfaat penting ketika nantinya mereka bertemu permasalahan yang sama. Bagaimana para pengelola jurnal itu bertahan demi sebuah kata 'sustainibilitas' atau keabadian? Silakan membaca dengan seksama, memahami detailnya, dan ikut merasakan dinamika di dalamnya.
 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Isi

Bagian 1
1
Bagian 2
9
Bagian 3
23
Bagian 4
27
Bagian 5
35
Bagian 6
47
Bagian 7
77
Bagian 8
80
Bagian 12
120
Bagian 13
123
Bagian 14
137
Bagian 15
142
Bagian 16
147
Bagian 17
159
Bagian 18
167
Bagian 19
174

Bagian 9
99
Bagian 10
113
Bagian 11
114
Bagian 20
175
Bagian 21
182
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2020)

Dr. Aji Dedi Mulawarman merupakan dosen tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang juga sebagai Ketua Dewan Presidium Nasional Aliansi Pengelola Ekonomi dan Bisnis Indonesia (ALJEBI). Aktivitas dalam pengelolaan jurnal dimulai awal 2008 sebagai staf manajemen jurnal TEMA yang dikelola oleh FEB UB, kemudian menjadi sekretaris editor Jurnal Akuntansi Multiparadigma (2010-sekarang). Selain itu juga banyak menjadi editor dan mitra bestari di berbagai jurnal ilmiah nasional internasional serta jurnal dari tak berSINTA hingga 2, seperti International Journal of Religious and Cultural Studies (IJRACS), Jurnal IMANENSI, Jurnal Oetoesan Hindia, dan banyak lainnya.

Pembelajar pada Jurusan Akuntansi, FEB Universitas Trunojoyo Madura. Menuntaskan pendidikan Strata 1 dan 2 bidang Ilmu Akuntansi di Universitas Brawijaya, Malang. Semenjak Februari 2020, menempuh PhD Program pada Islamic Development Management Studies (Isdev) Universiti Sains Malaysia. Putra kelahiran Sumenep, Madura ini memiliki ketertarikan tinggi dan aktif pada pengembangan keilmuan di ranah Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Forensik, Ekonomi Islam dan Pendidikan Akuntansi. Eksplorasi terhadap penguatan internalisasi nilai religiusitas (Islam) dan budaya dalam konten keilmuan sosial juga menjadi minat terbesarnya.

Lahir di Jakarta pada 28 Januari 1986, merupakan Dosen Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi pada program studi Akuntansi di Universitas Gunadarma tahun 2008 dan Pendidikan Magister Sains di Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2015. Untuk meningkatkan kompetensi keilmuan dibidang Akuntansi dan Bisnis, semenjak tahun 2018 mengikuti program pendidikan sertifikasi professional seperti Certified Managemen Accountant (CMA), Certified Accurate Professional (CAP), Certified Analyst in Project Finance (CAPF), dan Certified International Business Analyst (CIBA).

Pengajar di Jurusan Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura sejak 2006. Menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Airlangga dan S2 Pascasarjana Ilmu Akuntansi Universitas Indonesia. Sebagai chief editor jurnal InFestasi sejak 2018. “Garis Hidup” sebagai pengelola membawa saya untuk belajar tentang tulis menulis dan orang-orang yang menginfaqkan diri pada pelita pengelolaan jurnal. Sungguh pengalaman hidup yang luar biasa. Sejak tahun 2019, InFestasi terakreditasi Sinta 4 dan berencana mengajukan reakreditasi dengan terbitan Desember 2020. Bismillah.

Lahir di Malang. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMAK St Al-bertus (lebih dikenal SMA Dempo) Malang, melanjutkan pendidikan Filsafat di STFT Widya Sasana, Malang (1990). Kemudian menekuni profesi sebagai jurnalis di Harian SURYA selama 16 tahun hingga awal 2016. Pernah mengikuti short-course Print Journalism di RMIT University, Melbourne, September – Desember 2005. Tahun 2009-2014 bekerja di bagian Humas dan kemudian di LPPM Universitas Widya Kartika Surabaya. Menyelesaikan pendidikan S-2 dari Universitas Wijaya Putra Surabaya (2013). Sejak 2017 mengelola jurnal milik Program Pascasarjana Universitas Wijaya Putra, Jurnal Manajerial Bisnis dan MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik). Saat ini sedang menempuh pendidikan S-3 di Untag Surabaya.

Editor in Chief untuk Perspektif Akuntansi (Persi), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Center for Accounting Research, Consultation and Development (CARD), Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, sejak penerbitan pertama Oktober 2018. Setelah menyelesaikan pendidikan S3 dari La Trobe Business School, La Trobe University, Melbourne, Australia, telah aktif terlibat sebagai Guest Reviewer di antaranya untuk Sustainability Accounting, Policy and Manajemen Journal, Asean Journal of Community Engagement, Binus Business Review, serta Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen.

Lahir di Kota Malang dan merupakan putri ketiga dari orang tua Widiana dan Verra Yuliana. Penulis adalah Dosen Akuntansi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya serta menjadi Editor In Chief Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO) yang diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Penulis juga aktif menjadi mitra bestari di beberapa jurnal nasional terakreditasi. Sejak bergelut menjadi editor jurnal, penulis menyadari bahwa dunia penjurnalan adalah dunia yang sangat “menarik” karena proses yang panjang, ruwet serta njelimet. Namun, publikasi edisi jurnal, maka kebahagiaan tidak hanya menjadi milik penulis tapi juga editor yang berada di balik layar.

Adalah Dosen STIE Malangkucecwara Malang. Kiprah di jurnal sebagai Tim Editor: a) Jurnal Akuntansi Bisnis dan Manajemen (ABM); b) Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam; dan sebagai Reviewer pada jurnal: a) The Indonesian Accounting Review (TIAR); b) Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (JRAAM); c) Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL); d) Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO); e) Journal of Islamic Accounting and Tax (JIATAX).

Merupakan dosen tetap di Fakultas Bisnis dan Ekonomika dari Universitas Surabaya. Aktivitas dalam pengelolaan jurnal dimulai awal 2010 sebagai sekretaris jurnal Manajemen & Bisnis (jurnal MABIS) yang dikelola oleh Jurusan Manajemen FEB Ubaya, kemudian menjadi editor Jurnal yang sama hingga sekarang. Selain itu juga menjadi mitra bestari di jurnal ilmiah nasional yang sudah ber-SINTA maupun yang belum.

Staf pengajar di Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta yang mengampu matakuliah Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya dan Komputer Akuntansi. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E) pada Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta tahun 2001. Gelar Master of Science (M.Sc) diperoleh dari Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada tahun 2013. Selain mengajar, Ia aktif dalam penulisan karya ilmiah dan telah dipublikasikan pada jurnal Internasional dan jurnal nasional terakreditasi dengan focus topik penelitian adalah keperilakukan sistem informasi dan penelitian akuntansi keuangan. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Akademi Akuntansi YKPN, Managing Editor Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi serta menjadi Reviewer dan Editor pada jurnal nasional seperti JIAFE Universitas Pakuan Bogor, Jurnal Vakta Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan lain sebagainya.

Menjadi dosen diakhir tahun 2015 di salah satu PTS di Kediri kemudian dipercaya sebagai editor jurnal sejak 2016 menjadikan diri terus berupaya untuk berproses memperbaiki segala cela. Awalnya memang tak terencana, namun seiring waktu berjalan, menjadi editor jurnal adalah salah satu jalan ninja untuk beribadah kepadaNya. Sejak 2016 pula bersama dengan rekan-rekan di kampus mulai memantapkan diri untuk membawa jurnal lebih baik lagi. Mulai dari mengurus pendaftaran ISSN, mencari reviewer, sampai dengan mengindekskan jurnal pada Lembaga pengindeks kami lakukan dan dari hal itulah diri ini bertemu dengan ALJEBI untuk Bersama Berintegrasi.

Lulus S1 di Fakultas Ekonomi tahun 1998, lulus S2 di Program Magister Manajemen tahun 2001 dan lulus S3 di Program Doktor Ilmu Ekonomi Tahun 2018. Ketiga Jenjang pendidikan diselesaikan di Universitas Pancasila. Konsentrasi bidang Manajemen Keuangan. Saat ini adalah Dosen Tetap prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Mengampu mata kuliah antara lain: Pasar Modal dan Lembaga Keuangan lainnya, Analisis Kinerja Keuangan dan E-Bussiness. Buku yang ditulis “Good Corporate Governance dan Manajemen Risiko “terbit bulan Oktober 2020.

Memulai “karir” nya dalam pengelolaan jurnal melalui tim manajemen Jurnal Akuntansi Multiparadigma (Universitas Brawijaya dan Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia). Setelah itu kecintaannya pada jurnal membawanya berkelana menjadi CIE International Journal of Religious and Cultural Studies (Peneleh Research Institute) dan Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (Politeknik Negeri Malang). Sejak 2018 hingga sekarang, Ari juga aktif menjadi guest reviewer di Journal of Islamic Accounting and Business Research (Terindeks Q2 Scopus) dan reviewer di beberapa jurnal yang menjadi afiliasi ALJEBI.

Pengelola jurnal IMANENSI sebagai chief in editor, menjadi editor dan reviewer di beberapa jurnal bereputasi nasional dan internasional. Selain aktif mengajar dalam bidang akuntansi, Doktor Ilmu Akuntansi lulusan Universitas Brawijaya ini juga menjadi pengurus Aliansi Pengelola Jurnal Berintegritas Indonesia (ALJEBI), PUSPA ALJEBI, Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Indonesia (FORDEBI). Aktivitas lainnya menggerakan penelitian berpihak dengan menjadi Peneliti Senior di Peneleh Research Institute (PRI) dan bergabung di Yayasan Peneleh Jang Oetama (YPJO) dalam menggerakkan pemuda.

Lahir di Bogor, 31 Mei 1990. Ia menempuh pendidikan D3 IPB Program Keahlian Akuntansi pada tahun 2008-2011, S1 Akuntansi di Universitas Pakuan pada tahun 2011-2013, dan Magister Akuntansi di Universitas Pancasila pada tahun 2014-2016. Saat ini, ia menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Selain itu, ia menjabat sebagai Kepala Pusat Publikasi dan Kemitraan Karya Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan yang membidani dua jurnal, yaitu JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) dan JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi).

Lahir di Jember pada 04 Oktober 1991. Ia mendapat gelar sarjana akuntansi dari Universitas Jember pada tahun 2013 dan gelar master serta profesi akuntansi dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2016. Saat ini, ia menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Selain itu, ia menjadi anggota tim Pusat Publikasi dan Kemitraan Karya Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan sebagai pengelola JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi).