DAUR HIDUP PERUSAHAAN: Masalah dan Isu

Sampul Depan
CV Cendekia Press, 10 Feb 2021 - 110 halaman

Daur Hidup Perusahaan merupakan konsep yeng mencerminkan keputusan manajerial dalam menetapkan strategi perusahaan. 'Strategies that proved to be effective in the past can become inappropriate in a new stage of development, Greiner (1998).

Berbagai masalah terkait daur hidup perusahan, diantaranya mengenia definisi tahapan daur hidup perusahaan, metode mengidentifikasi tahapan daur hidup perusahaan, hingga faktor-faktor yang mempengaruhinya. 

Terkait pola tahapan daur hidup perusahaan, ada berbagai metode. Penelitian ini menggunakan Metode Dickinson (2011) dan membandingkan temuannya dengan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang menggunakan Metode Yan & Zhou (2010)

Dalam implementasinya, dikembangkan “Metode Penyesuaian Daur Hidup Perusahaan” baik terhadap Metode Yan & Zhou (2010) maupun terhadap Metode Dickonson (2011). Dengan mempertahankan pola dasar tahapan daur hidup perusahaan, “Metode Penyesuaian” dikembangkan dengan mengklasifikasi tahapan dewasa menjadi tiga pola, yaitu tahap dewasa (maturity phase), kebertahanan fase dewasa (maturity survival phase) dan tahap kebangkitan fase dewasa (maturity revival phase). Ketiga tahapan tersebut dapat terjadi berulang dan bergantian.

Kontribusi penelitian: 1. mengembangkan metode penetapan tahapan daur hidup perusahaan – Metode Penyesuaian; 2. mengevaluasi tahapan daur hidup perusahaan dengan menggunakan Metode Penyesuaian terhadap Yan & Zhou (2010), Metode Dickinson (2011) dan Metode Penyesuaian terhadap Dickonson (2011)


 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2021)

Dr. Judith Felicia Pattiwael Irawan merupakan Ketua Program Studi Pascasarjana Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan (2020). Secara bertururt- turut, sebelumnya penulis pernah menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi (2018-2019), Wakil Dekan Bidang Akademi, Fakultas Ekonomi, (2014-2017), dan Ketua Senat Fakultas Ekonomi (2013-2014), sekaligus sebagai Tenaga Pengajar Tetap pada perguruan tinggi yang sama. 

Selain aktivitas utama tersebut, penulis juga menjadi presenter pada kegiatan seminar dan workshop, antara lain: Orator pada Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan ke-63, dengan judul: Tantangan bagi Perguruan Tinggi dalam Menyingsing Era Digital (2018); Pembicara dalam The 6th Global Conference on Business and Social Sciences 2017 di Bangkok - Thailand, dengan judul artikel penelitian: Financial Flexibility and Firm Life Cycle (2017); Pembicara pada The 2nd International Conference on Organizational Performance Excellent (ICOPE 2017) di Bandung - Indonesia, dengan judul artikel penelitian: The Adaptability of Company’s Strategy (2017); Pembicara pada The 2nd Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship di Surabaya, dengan judul artikel penelitian: Similar Stages of Firm Life Cycle (2017); dan beberapa kegiatan lainnya, baik yang besifat nasional maupun internasional.

Di sela-sela kesibukannya tersebut, penulis juga aktif mendedikasikan dirinya dalam program pengabdian kepada masyarakat. Misalnya dalam Porgram Kampung Berseri ASTRA 2019-2020 di Desa Cipeundey, Purwakarta; Pelatihan dan Pendampingan untuk UKM dalam Program SCORE UNPAR; Memberi Pelatihan Metodologi Penelitian kepada Guru Sekolah Menengah Atas Trinitas Bandung; Mengembangkan Program Kerja bagi Komunitas di Area Konservasi Taman Hutan Raya Ir. Haji Djuanda Bandung; dan sebagainya.

Informasi bibliografi