Menulis Artikel Berkualitas: Perspektif Editor

Sampul Depan

Buku ini merupakan buku kedua yang digagas oleh ALJEBI dalam rangka menuliskan kembali teori dan praktik penulisan karya ilmiah yang disajikan step by step secara runtut, sehingga lebih mudah ditangkap dan dipahami oleh pembaca.

Buku pertama ALJEBI berkisah mengenai keseruan para pengelola jurnal menghadapi tumpukan naskah hasil penelitian yang justru menjadi semacam multivitamin bagi jiwa-jiwa intelektual mereka, sedangkan buku kedua ini mengarah pada idealisme penulisan ilmiah yang dirancang untuk lebih “sexy” sehingga menarik dan dilirik.

Namun tak sampai di situ saja, buku ini juga menyuguhkan bagaimana tulisan ilmiah memiliki kekuatan magnetik yang mampu memikat perhatian khalayak untuk ‘kepo’ dan kemudian menamatkan bacaannya hingga tuntas.


 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Isi

Bagian 1
3
Bagian 2
15
Bagian 3
21
Bagian 4
29
Bagian 5
35
Bagian 6
41
Bagian 7
54
Bagian 8
57
Bagian 17
107
Bagian 18
121
Bagian 19
123
Bagian 20
131
Bagian 21
139
Bagian 22
145
Bagian 23
153
Bagian 24
165

Bagian 9
61
Bagian 10
62
Bagian 11
64
Bagian 12
65
Bagian 13
69
Bagian 14
73
Bagian 15
83
Bagian 16
91
Bagian 25
187
Bagian 26
199
Bagian 27
201
Bagian 28
202
Bagian 29
204
Bagian 30
215
Bagian 31
239
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2021)

Aji Dedi Mulawarman merupakan dosen tetap di Fakultas Eko-nomi dan Bisnis Universitas Brawi-jaya yang juga sebagai Ketua Dewan Presidium Nasional Aliansi Pengelola Jurnal Berintegritas In-donesia (ALJEBI). Aktivitas dalam pengelolaan jurnal dimulai awal 2008 sebagai staf manajemen jurnal TEMA yang dikelola oleh FEB UB, kemudian menjadi sekretaris editor Jurnal Akuntansi Multiparadigma (2010-sekarang). Selain itu juga banyak menjadi editor dan mitra bestari di berbagai jurnal ilmiah nasional internasional serta jurnal dari tak ber-SINTA hingga 2, seperti International Journal of Religious and Cultural Studies (IJRACS), Jurnal IMANENSI, Jurnal Oetoesan Hindia, dan banyak lainnya.

Darti Djuharni adalah Dosen STIE Malangkucecwara Malang. Kiprah di jurnal sebagai Tim Edi-tor: a) Jurnal Akuntansi Bisnis dan Manajemen (ABM); b) Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam; dan sebagai Reviewer pada jurnal: a) The Indonesian Accounting Review (TIAR); b) Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (JRAAM); c) Jurnal Akuntansi Multipara-digma (JAMAL); d) Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO); e) Journal of Islamic Accounting and Tax (JIATAX).

Achdiar Redy Setiawan, pembelajar pada Jurusan Akuntansi, FEB Universitas Trunojoyo Madura. Menuntaskan pendidikan Strata 1 dan 2 bidang Ilmu Akuntansi di Universitas Brawijaya, Malang. Semenjak Februari 2020, menempuh PhD Program pada Islamic Development Management Studies (Isdev) Universiti Sains Malaysia. Putra kelahiran Sumenep, Madura ini memiliki ketertarikan tinggi dan aktif pada pengembangan keilmuan di ranah Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Forensik, Ekonomi Islam dan Pendidikan Akuntansi. Eksplorasi terhadap penguatan internalisasi nilai religiusitas (Islam) dan budaya dalam konten keilmuan sosial juga menjadi minat terbesarnya.

Yulius Kurnia Susanto saat ini saya dipercaya menjadi Editor in Chief Jurnal Bisnis dan Akuntansi yang sudah terindeks Sinta 3 dan Copernicus. Selain itu saya meru-pakan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti atau dikenal dengan sebutan Trisakti School of Management pada program studi akuntansi dengan jabatan akademik Lektor Kepala.

Sepky Mardian adalah Managing Editor dari Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam (JAKIs) yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Depok, Jawa Barat. Selain aktif mengajar bidang akuntansi (syariah), Doktor Ilmu Akuntansi dari Universitas Padjadjaran ini juga diamanahkan secara aktif sebagai mitra bebestari di Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (JRAAM); ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi; dan Jurnal Akuntansi dan Governance (JaGo).

Ahmad Baehaqi adalah pengajar di Program Studi Akuntansi Syariah STEI SEBI. Menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi Syariah di STEI SEBI tahun 2013 dan S2 Magister Akuntansi, Konsentrasi Akuntansi Syariah di FEB Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2018 dengan Beasiswa Unggulan, Kemendikbud. Penulis juga telah memperoleh Sertifikasi Akuntansi Syariah (SAS) dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) tahun 2017. Penulis terlibat dalam pengelolan Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam STEI SEBI (Sinta 4). Penulis juga menjadi Editor dan Reviewer pada Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 dan 4. Penulis memiliki ketertarikan riset seputar topik akuntansi syariah, audit kepatuhan syariah, akuntansi dan pelaporan keuangan, serta audit dan governance.

Diah Ayu Septi Fauji, menjadi dosen diakhir tahun 2015 di salah satu PTS di Kediri kemudian dipercaya sebagai editor jurnal sejak 2016 menjadikan diri terus berupaya untuk berproses memperbaiki segala cela. Awalnya memang tak terencana, namun seiring waktu berjalan, menjadi editor jurnal adalah salah satu jalan ninja untuk beribadah kepadaNya. Sejak 2016 pula bersama dengan rekan-rekan di kampus mulai memantapkan diri untuk membawa jurnal lebih baik lagi. Mulai dari mengurus pendaftaran ISSN, mencari reviewer, sampai dengan mengindekskan jurnal pada Lembaga pengindeks kami lakukan dan dari hal itulah diri ini bertemu dengan ALJEBI untuk Bersama Berintegrasi.

Faizatul Hiqmah adalah seorang dosen sekaligus blogger. Menulis, membuat PPT, dan visualisasi data adalah hobinya.

Novrida Qudsi Lutfillah, pengelola jurnal IMANENSI sebagai chief in editor, menjadi editor dan reviewer di beberapa jurnal bereputasi nasional dan internasional. Selain aktif mengajar dalam bidang akuntansi, Doktor Ilmu Akuntansi lulusan Universitas Brawijaya ini juga menjadi pengurus Aliansi Pengelola Jurnal Berintegritas Indonesia (ALJEBI), PUSPA ALJEBI, Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Indonesia (FORDEBI). Aktivitas lainnya menggerakan penelitian berpihak dengan menjadi Peneliti Senior di Peneleh Research Institute (PRI) dan bergabung di Yayasan Peneleh Jang Oetama (YPJO) dalam menggerakkan pemuda.

Abid Ramadhan lahi di Palopo, Sulawesi Selatan dengan latar belakang pendidikan akuntansi sejak dari SMK hingga S2. Bermula dari SMK Negeri 1 Palopo tahun 2011 kemudian melanjutkan studi S1 di STIE Muhammadiyah Palopo 2015 hingga pada tahun 2017 menyelesaikan studi S2 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Profesi bidang akademik yang sedang ditekuni saat ini adalah sebagai dosen tetap di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Palopo. Tugas lainnya adalah sebagai staf Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah untuk bidang pengembangan OJS (Open Journal System).


Arthik Davianti, Editor in Chief untuk Perspektif Akuntansi (Persi), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Center for Accounting Research, Consultation and Development (CARD), Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, sejak penerbitan pertama Oktober 2018. Setelah menyelesaikan pendidikan S3 dari La Trobe Business School, La Trobe University, Melbourne, Australia, telah aktif terlibat sebagai Guest Reviewer di antaranya untuk Sustainability Accounting, Policy and Manajemen Journal, Asean Journal of Community Engagement, Binus Business Review, serta Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen. 

Supardi, staf pengajar di Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta yang mengampu matakuliah Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya dan Komputer Akuntansi. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E) pada Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta tahun 2001. Gelar Master of Science (M.Sc) diperoleh dari Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada tahun 2013. Selain mengajar, Ia aktif dalam penulisan karya ilmiah dan telah dipublikasikan pada jurnal Internasional dan jurnal nasional terakreditasi dengan focus topik penelitian adalah keperilakukan sistem informasi dan penelitian akuntansi keuangan. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Akademi Akuntansi YKPN, Managing Editor Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi serta menjadi Reviewer dan Editor pada jurnal nasional seperti JIAFE Universitas Pakuan Bogor, Jurnal Vakta Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan lain sebagainya. 

Yeni Kuntari menyelesaikan pendidikan S1 (1990), S2 (2000) dari FEB UGM, S3 PDIE UNDIP (2020), Mengajar di STIE Widya Manggala, Semarang. Aktif di Dewan Pengurus IAI Wilayah Jateng, Komisaris KJA Solusi. Sinta ID 6665542, Scopus ID 57209002030, Dewan Editor Jurnal Ilmiah ASET.

Yuni Rimawati adalah pengajar di Jurusan Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura sejak 2006. Menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Airlangga dan S2 Pascasarjana Ilmu Akuntansi Universitas Indonesia. Sebagai chief editor jurnal InFestasi sejak 2018. “Garis Hidup” sebagai pengelola membawa saya untuk belajar tentang tulis menulis dan orang-orang yang menginfaqkan diri pada pelita pengelolaan jurnal. Sungguh pengalaman hidup yang luar biasa. Sejak tahun 2019, InFestasi terakreditasi Sinta 4 dan berencana mengajukan reakreditasi dengan terbitan Desember 2020. Bismillah.

Rizky Eriandani merupakan dosen jurusan Akuntansi, fakultas bisnis dan ekonomika, Universitas Surabaya. Telah menyelesaikan pendidikan doktoral tahun 2019 di Universitas Airlangga. Fokus riset pada bidang akuntansi keuangan dan pasar modal, serta corporate social responsibility. Memiliki publikasi internasional dan secara regular menjadi reviewer di beberapa jurnal.

Haqi Fadillah, lahir di Bogor, 31 Mei 1990. Ia menempuh pendidikan D3 IPB Program Keahlian Akuntansi pada tahun 2008-2011, S1 Akuntansi di Universitas Pakuan pada tahun 2011-2013, dan Magister Akuntansi di Universitas Pancasila pada tahun 2014-2016. Saat ini, ia menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Selain itu, ia menjabat sebagai Kepala Pusat Publikasi dan Kemitraan Karya Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan yang mem-bidani dua jurnal, yaitu JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) dan JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi).

Mutiara Puspa Widyowati, lahir di Jember pada 04 Oktober 1991. Ia mendapat gelar sarjana akuntansi dari Universitas Jember pada tahun 2013 dan gelar master serta profesi akuntansi dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2016. Saat ini, ia menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Selain itu, ia menjadi anggota tim Pusat Publikasi dan Kemitraan Karya Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan sebagai pengelola JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi).

Dian Purnama Sari, lahir di Kota Malang dan merupakan putri ketiga dari orang tua Widiana dan Verra Yuliana. Penulis adalah Dosen Akuntansi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya serta menjadi Editor In Chief Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO) yang diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Penulis juga aktif menjadi mitra bestari di beberapa jurnal nasional terakreditasi.

Sejak bergelut menjadi editor jurnal, penulis menyadari bahwa dunia penjurnalan adalah dunia yang sangat “menarik” karena proses yang panjang, ruwet serta njelimet. Namun, publikasi edisi jurnal, maka kebahagiaan tidak hanya menjadi milik penulis tapi juga editor yang berada di balik layar. 

Erna Andajani merupakan dosen tetap di Fakultas Bisnis dan Ekonomika dari Universitas Surabaya. Aktivitas dalam pengelolaan jurnal dimulai awal 2010 sebagai sekretaris jurnal Manajemen & Bisnis (jurnal MABIS) yang dikelola oleh Jurusan Manajemen FEB Ubaya, kemudian menjadi editor Jurnal yang sama hingga sekarang. Selain itu juga menjadi mitra bestari di jurnal ilmiah nasional yang sudah ber-SINTA maupun yang belum.

Hajar Nurma Wachidah, Mojokerto 16 Juli 1988, alumni Universiti Kebangsaan Malaysia dan kini telah mengabdi di Universitas Islam Majapahit.

Tyahya Whisnu Hendratni, lulus S1 di Fakultas Ekonomi tahun 1998, lulus S2 di Program Magister Manajemen tahun 2001 dan lulus S3 di Program Doktor Ilmu Ekonomi Tahun 2018. Ketiga Jenjang pendidikan diselesaikan di Universitas Pancasila. Konsentrasi bidang Manajemen Keuangan. Saat ini adalah Dosen Tetap prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Mengampu mata kuliah antara lain: Pasar Modal dan Lembaga Keuangan lainnya, Analisis Kinerja Keuangan dan E-Bussiness. Buku yang ditulis “Good Corporate Governance dan Manajemen Risiko “terbit bulan Oktober 2020.

I Gede Aryana Mahayasa menyelesaikan studi S2 pada program studi Magister Manajemen UNUD dengan konsentrasi SDM. Memiliki pengalaman kerja di perusahaan manufakturing di Jawa Timur, Jawa Barat dan Jakarta selama kurang lebih 15 tahun dan menyelesaikan pendidikan bahasa Jerman nongelar di IIK Universitas George August, Göttingen, Jerman tahun 2013. Aryana merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata UNHI, serta sebagai Head Programm Landi Institute, sebuah lembaga pelatihan & konsultansi manajemen. Dengan fokus pada pengembangan SDM, Aryana telah banyak memberikan pelatihan dan mentoring pada berbagai institusi pemerintahan di wilayah Indonesia Timur dan negara Timor Leste serta Papua Nuigini. Dalam bidang pengelolaan jurnal ilmiah, saat ini dipercaya sebagai pengelola Jurnal Widya Manajemen dan sebagai pimpinan redaksi Jurnal Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, dibawah Program Studi Manajemen FEBP UNHI.

Ari Kamayanti, memulai “karir” nya dalam pengelolaan jurnal melalui tim manajemen Jurnal Akuntansi Multiparadigma (Universitas Brawijaya dan Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia). Setelah itu kecintaannya pada jurnal membawanya berkelana menjadi CIE International Journal of Religious and Cultural Studies (Peneleh Research Institute) dan Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (Politeknik Negeri Malang). Sejak 2018 hingga sekarang, Ari juga aktif menjadi guest reviewer di Journal of Islamic Accounting and Business Research (Terindeks Q2 Scopus) dan reviewer di beberapa jurnal yang menjadi afiliasi ALJEBI.

Yananto Mihadi Putra lahir di Jakarta pada 28 Januari 1986, merupakan Dosen Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi pada program studi Akuntansi di Universitas Gunadarma tahun 2008 dan Pendidikan Magister Sains di Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2015. Untuk meningkatkan kompetensi keilmuan dibidang Akuntansi dan Bisnis, semenjak tahun 2018 mengikuti program pendidikan sertifikasi professional seperti Certified Managemen Accountant (CMA), Certified Accurate Professional (CAP), Certified Analyst in Project Finance (CAPF), dan Certified International Business Analyst (CIBA).

Ima Kristanti merupakan dosen pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang (Polinema) sejak Agustus 2018. Gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) didapatkan pada tahun 2013 dari Polteknik Negeri Malang dan gelar Master of Science (M.Sc) dari Graduate Institute of Finance; National Taiwan University of Science and Technology pada 2018. Ima memulai aktivitasnya sebagai editor pada Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen (JRAAM) pada awal 2019. Penelitian memang merupakan hal yang diminati sejak bersekolah, diwujudkan dengan berpartisipasi pada kelompok karya tulis ilmiah. Kepercayaan Kemenristekdikti dan Polinema mengijinkannya untuk menempuh tugas belajar di NTUST sehingga membuka pikiran dan hati untuk mengabdi dalam bidang pendidikan, salah satunya sebagai pengelola jurnal. 

Andika Pramukti, adalah dosen tetap di Yayasan Wakaf UMI Makassar yang sudah berkarir selama 6 tahun sebagai tenaga pengajar. Menyelesaikan program studi doktor di usia 30 tahun menjadikan tantangan baginya untuk banyak belajar segala hal di bidang akademisi. Berkarir sebagai sekertaris jurusan akuntansi di FEB-UMI dan sebagai Chief Editor di ATESTASI: Jurnal Imiah Akuntansi yang saat ini sudah terakreditasi SINTA 2 memberikan nilai tambah baginya untuk mendalami segala hal mengenai dunia kampus. Sebagai salah satu awardee LPDP, Andika juga memegang teguh untuk membangun negeri dengan prinsip berilmu amaliah dan beramal ilmiah yang dulu dituliskannya pada essay pada program beasiswa LPDP tersebut.