Zulkarnain Agung: Antara Cyrus dan Alexander, Jejak Cerita dalam Al-Quran dan Riwayat Sejarah

Sampul Depan
Pustaka Alvabet, 18 Feb 2021 - 400 halaman
0 Resensi
Ulasan tidak diverifikasi, tetapi Google akan memeriksa dan menghapus konten palsu jika konten tersebut teridentifikasi

Kisah Zulkarnain (Dzulqarnain) Agung sangat familier dalam khazanah Islam. Al-Quran menyebutkannya secara khusus dalam surah al-Kahfi. Sejumlah hadis Nabi juga menyinggungnya. Namun, seperti kisah-kisah lainnya—misalnya, Ashabul Kahfi (penghuni gua)—al-Quran tidak secara detail menjelaskan apakah ia nama diri atau hanya gelar (dzu: pemilik, al-qarnain: dua tanduk). Tak pula disebutkan kapan ia hidup, di daerah mana tempat tinggal atau kerajaannya, dan hingga mana batas wilayah kekuasaannya. Sosoknya yang legendaris masih misterius, menimbulkan tanda tanya dan beragam tafsir.

Sumber-sumber non-Islam menyebut tokoh Cyrus (Persia) dan Alexander (Yunani) sebagai sosok Zulkarnain yang disebut dalam kisah Islam. Beberapa penulis Barat bahkan menyebut bahwa al-Quran telah menjiplak kisah itu dan membuat versi lain. Benarkah demikian? Ataukah justru al-Quran penutur kisah yang benar tentang Zulkarnain?

Melalui pembacaan yang teliti dan tekun atas sumber-sumber terkait tak hanya dari Islam, buku ini mengajak kita melancong ke masa lalu, menelusuri kisah tiga tokoh itu beserta karakter personalnya. Dari situ kita dapat menilai apakah ketiganya adalah tokoh yang sama, berbeda, atau dua dari ketiganya sama

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2021)

Wisnu Tanggap Prabowo. Lahir di Magelang tahun 1980. Saat ini adalah Ketua Media Dakwah Bogor Bertauhid dan Instruktur Bahasa LBPP LIA Pajajaran Bogor. Sejumlah tulisannya bertema keislaman dimuat di Harian Republika. Bukunya, Benarkah Kaisar Heraklius Masuk Islam? Mengungkap Tabir Misteri Sang Panglima Perang Salib dan Dahsyatnya Strategi Pasukan Islam (Pro-U Media, Yogyakarta, 2019), meraih penghargaan pada Islamic Book Fair 2020 kategori buku non-fiksi. Penulis bisa dihubungi di WA: 089666384342 atau 08119994644. Bisa juga lewat surel: wisnu.tp@gmail.com.

Informasi bibliografi