TEKNIK PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH; PANDUAN PRAKTIS UNTUK DOSEN, GURU DAN MAHASISWA

Sampul Depan
Buku ini merupakan hasil karya kolaboratif antar dosen dari berbagai perguruan tinggi dan disiplin ilmu yang ada di Indonesia. Hadirnya buku ini sebagai acuan dalam menulis karya ilmiah baik di kalangan dosen, guru maupun mahasiswa. Diharapkan dengan adanya buku ini, mampu menghadapi kesulitan-kesulitan yang selama ini sering dilakukan ketika menulis karya ilmiah bisa terselesaikan. 
 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Isi

KARAKTERISTIK KARYA
27
TAHAPAN DALAM PENYUSUNAN KARYA
49
SKRIPSI TESIS DAN DISERTASI
85
MENULIS ARTIKEL UNTUK JURNAL
113
MAKALAH DAN PAPER
135
PARAGRAF
159
PLAGIAT DAN ETIKA PENULISAN KARYA
173
BERPIKIR KRITIS ANALITIS DAN SISTESIS
193
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2021)

Khairul Azan, lahir di Dusun Penepak, Bengkalis, Riau 17 Desember 1989. Pendidikan formal jenjang S1 diselesaikan pada tahun 2011 dengan mengambil Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, S2 di bidang Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2014, dan saat ini sedang menempuh program Doktor (S3) melalui Beasiswa MORA Kementerian Agama di UIN STS Jambi pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Putri Hana Pebriana, lahir di Bagan Jaya, 09 Februari 1990. Anak dari Ibu Sunarti dan Bapak Haryadi. Penulis tinggal di Bangkinang, Kabupaten Kampar dan bekerja di salah satu institusi swasta yang berada di Kabupaten Kampar. Pada saat ini, penulis sudah menikah dan memiliki tiga orang anak. Adapun cita-cita penulis yaitu ingin menerbitkan buku sebanyak-banyaknya, agar hidup bisa menjadi lebih bermanfaat.

Dian Pratama, S.Si., M.Si, lahir pada 3 Juli 1989 di Banyumas. Lulus S1 di Program Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman tahun 2010, selanjutnya lulus S2 di Program Master of Science in Mathematics Universitas Gadjah Mada tahun 2016. Saat ini menjebat sebagai Ketua Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Saat ini penulis berfokus pada bidang matematika murni khususnya aljabar. Mulai bekerja pada tahun 2016 dan mengajar beberapa mata kuliah teknologi informasi, struktur aljabar, aljabar linier, teori graf, dan beberapa bidang lain. Mulai aktif menulis pada tahun 2018 pada beberapa buku ajar, akan tetapi mulai memberanikan diri untuk mempublikasikan tulisan pada tahun 2020. Saat ini sedang berfokus untuk menggemakan ilmu matematika untuk pada lingkungan pesantren dengan tujuan menghilangkan stigma matematika “sulit” khususnya untuk para santri di Indonesia.

 

Mizan Abrory adalah Dosen Tetap STAIN Bengkalis dan mengajar bidang studi metodologi penelitian dan statistik, dilahirkan di Sepotong Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis 19 Oktober 1989. Pendidikan formal yang sudah ditempuhnya adalah SD Negeri 31 Kampung Baru dan tamat pada tahun 2001, selanjutnya melanjutkan pendidikan di MTs Raudhatut Thullab Sepotong dan tamat pada tahun 2004, selanjutnya melanjutkan pendidikan tingkat menengah atas di MAN Bengkalis dan tamat pada tahun 2007, selanjutnya penulis melanjutkan pendidikan diperguruan tinggi strata S1 di UIN SUSKA Riau Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Matematika dan selesai tahun 2011, selanjutnya melanjutkan pendidikan strata S2 di Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi (UNY), Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Penulis menyelesaikan studi pada tahun 2014.

Dr. H. Nizamuddin, SE., M.Si, lahir di Medan pada tanggal 26 April 1960. Pendidikan yang ditempuh adalah Akademi Ilmu Statistik Jakarta tamat tahun 1991 berijazah, Sarjana Ekonomi STIE Nusa Bangsa tamat tahun 1995 berijazah, Magister Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala Prov. Aceh tamat tahun 2004 berijazah, Courses Office Automation Excellence tahun 2003 berijazah, India, Diklat PIM III tahun 2004 berijazah, Jakarta, Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Medan, tahun 2017, berijazah (diselesaikan dalam < 4 tahun).

 

Oris Krianto Sulaiman, lahir di Kp. Paya, 16 Maret 1990, menyelesaikan studi Sarjana Teknik Informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Magister Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara (USU). Berprofesi sebagai pengajar, dan network admin professional. Saat ini bekerja sebagai staf pengajar di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Mesra Wati Ritonga, M.Pd, lahir di Psr. Sayurmatinggi pada 17 Februari 1986. Menyelesaikan kuliah D3 pada tahun 2008 di Universitas Negeri Padang. Kemudian melanjutkan SI pada tahun 2009 dan selesai tahun 2011 di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat. Pada tahun 2012 mengikuti program Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan lulus pada tahun 2014. Pada tahun 2015 diangkat menjadi dosen di Universitas Al Washliyah Labuhanbatu dan ditempatkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Matematika. Karya yang sudah dihasilkan penulis adalah Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS (Kita Menulis, 2020). Penulis dapat dihubungi melalui email: mesrawr@gmail.com.

Ade Silvana, biasa dipanggil Ade. Penulis lahir tanggal 9 April 1989 di Silungkang, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Penulis menamatkan pendidikan formal S1 tahun 2012 di prodi tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang. Penulis berkesempatan melanjutkan S2 pada Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang dan selesai tahun 2016. Pengalaman kerja diantaranya mengajar di Unit Pusat Bahasa IAIN Imam Bonjol Padang dari tahun 2012-2017. Kemudian menjadi staf pengajar di SMP Adabiah Padang dari tahun 2016-2017. Penulis pernah juga ngajar di STIT Pariaman, Sumatera Barat tahun 2016. Sekarang penulis tinggal di Bengkalis, Riau dan jadi Dosen tetap di STAIN Bengkalis. Penulis bisa dihubungi lewat no Hp 085271022498 (sekaligus no WA), instagram @adesilvana, fb Ade Silvana dan email ade.silvana@gmail.com.

Roinah, lahir di Bengkalis pada tahun 1985. Terlahir dari orang tua yang bernama Sakimin dan Partiah. Menyelesaikan Strata Satu (S1) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Kautsar Bengkalis pada tahun 2009 dan pada tahun 2016 beliau menyelesaikan S2 di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Asep Nuhdi, S.Th.I, M.Pd, kelahiran Bogor 12 Desember 1985. Menempuh pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Madrasah dan perguruan tinggi Islam. S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta lulus tahun 2008 dengan predikat cumlaude dan Mahasiswa terbaik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Selanjutnya penulis melanjutkan Program Magister Pendidkan dan Pemikiran Islam di Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor atas biaya pendidikan dari Bank Muamalat, dan saat ini sedang menempuh pendidikan pada Program Doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Titin Sumarni, M.Kom, lahir di Desa Selali, 25 Mei 1981 Kecamatan Pino raya Kabupaten Manna Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu. Pendidikan Formal jenjang S1 saya selesaikan pada tahun 2005 pada Fukaltas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang Sumatra Barat. S2 saya selesaikan pada Tahun 2015 pada Pascasarjana Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang dengan Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sitem Informasi.

Informasi bibliografi