Studi kawasan dunia Islam: perspektif etno-linguistik dan geo-politik

Sampul Depan
Rajawali Pers, 2009 - 425 halaman
Study on Islamic countries from anthropological and geopolitical perspectives.

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Ulasan Pengguna - Tandai sebagai tidak pantas

Karya ini menyajikan secara komprehensif mengenai realitas dunia Islam dalam konteks yang sesungguhnya. Statement al-Qur'an tentang entitas ras, warna kulit manusia dan bahasa yang disandangnya (QS.Rum;22, QS.Al-Hujurat;13, dan lain-lain) serta bagaimana proses penciptaan dan pencitraan munculnya sebuah wilayah kebudayaan dan peradaban Islam akibat akumulasi yang sangat kompleks, dijelaskan secara konkrit dan faktual. Setiap area etno-linguistik muslim sebagai wilayah kebudayaan dan peradaban Islam seperti Arab, Persia, Turki, Melayu, Afrika Hitam, Asia Selatan, dan lain-lain, secara umum terbentuk oelh dorongan kekuatan karakteristik etnik dan ras, pengalaman dan kesadaran sejarah, bahasa dan makanan yang digunakan, serta dinamika kependudukan dan geografi yang ditempatinya. Pada awal abad ke 20 fenomena Islam sebagai doktrin dan upaya realisasinya di masing-masing kawasan etno-linguistik Islam tersebut menjadi semakin variatif dan menunjukkan keunikannya, ketika sejumlah kesadaran nasionalisme (geo-politik) mucul di setiap kawasan kebudayaan. Studi mengenai hal ini menjadi semakin menarik ketika melihat masing-masing wilayah geo-politik dihadapkan pada akumulasi global, bagaimana mereka memunculkan ideologi lokal dan membangun batas-batas geo-politik dan geografinya, serta menunjukkan identitas dan modernitasnya. Bagaimana kekuatan setiap etnis muslim bisa menghubungkan dan merangkum berbagai kepentingannya dalam pengembangan ekonomi, politik, budaya, gender, identitas lokal, termasuk gerakan keagamaannya. Potret tentang arah perkembangan dan dinamika kelompok-kelompok etnik muslim dalam batas-batas etno-linguistik dan geo-politiknya, jelas masih memerlukan kecermatan dan studi yang sungguh-sungguh. Untuk memudahkan dan mengetahui lebih detil bagaimana upaya melakukan studi kawasan dunia Islam secara komprehensif dan berimbang, bisa dibaca dalam karya ini.
Buku ini merupakan referensi wajib bagi mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam, Jurusan Perbandingan Agama dan Filsafat Islam, Jurusan Sastra dan Hubungan Internasional.
"...karya ini telah mengantarkan pada sebuah pendekatan dan pengkajian sejerah yang berimbang, kajiannya tidak lagi memusatkan pada kajian yang sentralistik, tapi memposisikan semua wilayah Islam berada dalam keragaman dan kesatuannya...". Azyumardi Azra (Sejarawan Muslim, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). "Sebuah sajian konseptual tentang dunia Islam sesungguhnya yang dikemas dalam bahasa yang ringan berikut teori-teori kajian yang aplikatif. Siapapun yang membacanya akan tergelitik untuk mengenal lebih dalam dunia Islam sesungguhnya".
 

Informasi bibliografi