Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik

Sampul Depan
CV. Pilar Nusantara, 31 Jan 2018 - 437 halaman

Ada iklan salah satu produk minuman teh botol yang sangat terkenal dari PT. Sinar Sosro yang digagas Soetjipto Sosrodjojo yang meninggal dunia pada usia 77 tahun pada tahun 2010 lalu. Kalimat tersebut berbunyi "Apa pun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro". Menarik dan juga mudah diingat.


Begitu juga dalam pengembangan pendidikan, seharusnya motto itu berbunyi "apa pun materinya, literasi medianya”. Jadi, titik tonjoknya literasi sudah menjadi media, tidak lagi “literasi media” yang cakupannya pada pengenalan dan juga penyadaran menyikapi media massa dan media sosial, internet, dunia maya, dan lainnya dengan benar, baik dan bijaksana. Sebab, variabelnya akan berbeda jika itu “literasi media”, sedangkan dalam buku ini, yang dikaji adalah “media literasi” dalam berbagai bentuk.


Literasi tidak boleh sekadar membaca, sebab ia merupakan kemampuan kompleks. Bahkan, selain empat keterampilan berbahasa (menyimak atau mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara), literasi juga dimaknai sebagai semua usaha untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi. Aspek melek komputer dan menangkal berita bohong dan palsu juga masuk kategori literasi.


Dalam buku ini, literasi tidak lagi disajikan “kaku” seperti di buku-buku, dikat, dan jurnal-jurnal ilmiah selama ini. Sebab, literasi sudah melekat menjadi “media” itu sendiri dalam pembelajaran terutama di sekolah. Media literasi adalah bagian dari pengembangan “literasi” dan “media”. Banyak media yang selama ini sebenarnya adalah media literasi, namun guru dan juga dosen masih jarang yang memaknainya. Buku ini berisi empat bab. Mulai dari konsep literasi dalam pendidikan, gerakan literasi di sekolah, media literasi sekolah dan implementasi media literasi sekolah.


Sebelum menggapai puncak kejayaan literasi pada 2045, Indonesia bisa bergerak cepat melalui literasi untuk penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas pendidikan dari jenjang SD, SMP, SMA, sampai program doktor (S3). Tanpa literasi, semua akan terasa bias bahkan tidak mampu mengejar ketertinggalan dari negara lain. Akhirnya, selamat menikmati buku ini dan semoga Anda mendapatkan apa saja yang Anda cari sebagai bahan untuk melakukan akselerasi literasi untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

 

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2018)

FARID AHMADI, S.Kom., M.Kom, Ph.D merupakan dosen PGSD Universitas Negeri Semarang (UNNES). Ia juga mengajar di Program Pascasarjana UNNES yang mengampu sejumlah mata kuliah. Ada sejumlah mata kuliah yang diampunya, mulai dari TIK, Komputer dan Media Pembelajaran, Media Pembelajaran, Analisis Data Kualitatif, lalu Bahasa Inggris, Assesmen Pembelajaran, Sistem Informasi Manajemen dan lainnya.


Dosen kelahiran Kendal, 26 Januari 1977 ini menamatkan S1 dengan skripsi berjudul Komputerisasi Nilai Raport pada Siswa SMU dan S2 dengan tesis berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peredaran Darah Manusia Siswa SMA di Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang.


Di bawah bimbingan Prof. Wang Weijun, ia menamatkan program doktoralnya di Central China Normal University (CCNU) dengan disertasi bertajuk Developing Navigation System of Hypermedia Learning environtment : Its Effect on Learning Disorientation and User Performance in College Students pada bidang ilmu Information Science pada 2015.


Sebagai akademisi, ada banyak karya ilmiah yang ia hasilkan, baik buku, jurnal, laporan penelitian dan lainnya. Buku yang ditulis pada kurun lima tahun terakhir meliputi Pengembara Penjaga Hati, Kisah Studi Dosen UNNES di Lima Benua (Cipta Prima Nusantara Semarang, 2016) dan Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media Inovasi) (Pilar Nusantara, 2017). Beberapa tulisannya juga dimuat di berbagai jurnal. Seperti The effect of Glen Doman Multimedia in Reading Ability yang dimuat di The proceeding of Pacific Early Chilhood Education Research Association 14th Annual Conference (PECERA) tahun 2013, lalu The Effect of Jarimatika Multimedia on Counting Acquition for childreen yang dimuat di The Proceedings of Asian Conference on Education 2013 Official Conference (IAFOR) tahun 2013, lalu The effect of Jarimatika Multimedia in Childreen Acquitition dimuat di The journal Information and Knowledge Management IISTE tahun 2013.


Kemudian juga The effect of Hypermedia on Performance Students dimuat di The Proceedings of International Conference FIP JIP Gorontalo, juga The effect Of Hypermedia on Disorientation Students dimuat di The Proceedings of Education International Conference UIN Malang. Kemudian juga Developing of Hypermedia Learning for Primary Education Students dimuat di The Proceedings of “IIER conference 2016” Kuala Lumpur dan Linier Vector Quantization Algortm for Pattern recognition on paper currency’s feature using UV Light dimuat di ASP (American Scientific Publishers), Advanse Sciense Letter yang sudah terindeks Scopus.


Ada juga beberapa publikasi artikel ilmiah dalam jurnal yang dimuat dalam kurun lima tahun terakhir. Pertama, The Developing of Media Learning Write Java Letters Using Macronedia Flash To IncreaseThe Average of Learning Result dimuat di The proceeding of ASTEEL. Kedua, The Development Of Pop-Up Book Media To Improve 4th Grade Students’ Learning Outcomes Of Civic Education yang dimuat di Asian Pasific Advanced Research Proceeding. Ketiga, Tangram Interactive Game (TIG): Instructional Media In Learning Geometry dimuat di Asian Pasific Advanced Research Proceeding. Keempat, Penguatan LPTK Melalui Pendidikan Berkarakter dipublikasikan di Proceeding Seminar Nasional PGSD UMS.


Ia juga aktif dalam forum ilmiah di tingkat nasional maupun internasional, baik menjadi invited / keynote speaker. Seperti menjadi Pemakalah pada “International Education Conference Institute of Education University of London 2011”, lalu pembicara pada Seminar Deseminasi Hasil Pelatihan singkat luar negeri Program BERMUTU di Hotel Ina Bali, Pembicara pada “International Cultural Discussion” in School of Information Management CCNU China”, pembicara pada “Pacific Early Chilhood Education Research Association 14th Annual Conference (PECERA) 2013 conference at South of Korea”, pembicara pada “The International Academic Forum (IAFOR) 2013 conference at Osaka Japan”.


Kemudian juga menjadi pembicara pada “International Conference School of Information Management," pembicara pada “International Conference FIP JIP Gorontalo”, juga pembicara pada “Education International Conference” UIN Malang, pembicara pada “IIER conference 2016” Kuala Lumpur, lalu The best paper award “IIER conference 2016” Kuala Lumpur, pembicara Seminar Nasional LPPM UNESA, pembiacara pada Seminar Internasional AISTEEL UNIMED 2016, Pembicara Pada Seminar NAsional PGSD UMS, Guest Lecturer di Central China Normal University, pembiacara pada seminar internsional ICTP IPAR Australia 2017 dan forum-forum lainnya.


Farid juga mendapatkan sejumlah penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasil. Mulai dari Juara II Dosen Berprestasi UNNES 2017, The best paper award IIER 2016 dari IIER Malaysia, dan The best paper award AIPAR 2017 dari AIPAR Australia.


Dosen muda ini pernah mengembangkan metode pembelajaran berbasis digital. Ada beberapa metode pembelajaran inovatif yang dikembangkan dalam lima tahun terakhir dalam pembelajaran E-Learning dengan media Edmodo, Elena dan Aplikasi Android.


Selain menulis dan meneliti di jagat akademik, karyanya juga pernah dimuat di beberapa media cetak dan online. Seperti Koran Jakarta, Koran Wawasan, Joglosemarang, Tribun Jateng dan UNNES.ac.id. Sejak 2010, ia telah melakukan banyak penelitian. Mulai dari yang didanai PGSD UNNES, FIP UNNES, Dinas Pendidikan Jateng, IDB, DPRM DIKTI, LP2M UNNES sampai CCNU China.


Ada sejumlah pengalaman lain yang dibanggakan di bidang pendidikan. Pertama, menjadi Peserta Program Short Course BERMUTU University of London United of Kingdom tahun 2011. Kedua, menjadi Guest Lecturer pada MK Bahasa Indonesia di Central China Normal University WUHAN CHINA Tahun 2014. Ketiga, menjadi Guest Lecturer di Central China Normal University dan Huazhong Tecnology University China WUHAN CHINA Tahun 2017.


Sebagai bentuk pengabdiannya di dunia pendidikan, Farid saat ini menjabat sebagai  Sekretaris Jurusan PGSD FIP UNNES 2013-sekarang Ia juga menjadi Ketua Gugus Pengelola Jurnal LP2M UNNES 2017-sekarang, Ketua Gugus Pengelola Jurnal PEP PPs UNNES 2017-sekarang, menjadi Anggota Senat UNNES 2017-sekarang, menjadi pengurus UNSEC UNNES 2016-sekarang dan Ketua Himpunan Dosen PGSD Wilayah Jawa 2017-sekarang. Jika Anda ingin berkomunikasi dengan penulis, silakan melalui surel  ‎farid@mail.unnes.ac.id. (*)


HHAMIDULLOH IBDA, lahir di Pati, pada tanggal 17 Juni. Ibda, mengawali pendidikan dasar di MI Himmatul Muta’allimin Pati (2003), lalu di MTs Himmatul Muta’allimin Pati (2005), dan kemudian MA Manahijul Huda Ngagel (2006) dan pindah MA Madarijul Huda Pati yang lulus pada 2008. Ia merupakan lulusan Jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang (sekarang UIN Walisongo) pada tahun 2013. Sebagai kado ulang tahunnya, pada 17 Juni 2016, ia lulus dari Prodi Pendidikan Dasar (S2) konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, dan kini sedang menempuh studi Prodi Pendidikan Dasar (S3) Universitas Negeri Yogyakarta. Ia juga pernah mampir nyantri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Kembang, Dukuhseti, Pati, yang diasuh alm. KH. Zabidi Hasbullah Rais Syuriah MWC NU Dukuhseti, Pati.

Penulis adalah dosen tetap pada prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung yang mengampu sejumlah mata kuliah. Seperti Filsafat Umum, Filsafat Pendidikan, Filsafat Pendidikan Islam, Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran, Filsafat Ilmu, Filsafat Pendidikan Dasar, Bahasa Indonesia Lanjutan, Bahasa Indonesia MI/SD, Karya Tulis Ilmiah, Pengembangan Karya Ilmiah, Pembelajaran Literasi MI/SD, Pembelajaran Sastra MI/SD, Pembelajaran Literasi MI/SD, Pembelajaran Sastra Anak, Teacherpreneurship Dasar, dan lainnya.

Riwayat jabatan akademik yang pernah dijabatnya yaitu:

1.     Kaprodi PGMI INISNU Temanggung (2018-2020)

2.     Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STAINU Temanggung (2021)

3.     Pjs Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Temanggung (2021)

4.     Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Temanggung (2021-2026).

 

Sedangkan pengabdian di organisasi dan pekerjaan tambahan yaitu:

1.     Pengurus Bidang Penjaminan Mutu Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Korwil Jateng-DIY (2017-2022)

2.     Pengurus Bidang Literasi Media di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jateng (2017-2022).

3.     Pengurus Bidang Diklat dan Litbang LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah (2018-2023)

4.     Koordinator Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah (2018-2023)

5.     Pengurus Satuan Komunitas (Sako) Ma’arif NU Jawa Tengah (2018-2023).

6.     Kabid Media Massa, Hukum, dan Humas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah (2020-2021).

7.     Anggota Dewan Pengawas LPPL Temanggung TV (2020-2021).

8.     Sekretaris Dewan Pengawas LPPL Temanggung TV (2021-sekarang).

9.     Pjs Direktur Utama LPPL Temanggung TV (2021-sekarang).

10. Pengurus Bidang Litbang Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Temanggung (2019-2024).

11. Pengurus Bidang Litbang dan Informasi Forum Pendidik Madrasah Inklusi (FPMI) Kemenag RI (2021-2025).

12. Fasilitator Provinsi Bidang Literasi – MI Proyek Realizing Education’s Promise Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) Kemenag-World Bank (2021-2024).

13. Tim Penyusun Modul Program Organisasi Penggerak (POP) Literasi-Numerasi SD Kelas Tinggi Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma'arif PBNU (2021-2023)

14. Instruktur Nasional Program Organisasi Penggerak (POP) Literasi-Numerasi SD Kelas Tinggi Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma'arif PBNU (2021-2023)

 

Sementara itu, kiprah di bidang literasi, ayah dari Sastra Nadira Iswara dan Aksara Litera Ibdaputra ini tercatat sebagai:

1.     Pimred Majalah Ma’arif NU Jawa Tengah periode (2018-2023)

2.     Pemimpin Redaksi Jurnal ASNA LP Ma’arif NU Jawa Tengah (2018-2023)

3.     Editor Jurnal Ilmiah Citra Ilmu (2018-sekarang)

4.     Editor Jurnal Wahana Akademika (2019-sekarang)

5.     Reviewer JRTIE: Journal Of Research And Thought On Islamic Education (2019-sekarang)

6.     Reviewer At-Turots: Jurnal Kependidikan Islam (2019-sekarang)

7.     Reviewer Jurnal At-thullab PGMI Universitas Islam Lamongan (2020-sekarang)

8.     Reviewer BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education INSURI Ponorogo (2021-sekarang)

9.     Editor Buku di penerbit CV. Pilar Nusantara, CV. Kataba Group, CV. ASNA Pustaka, CV. Harian Jateng Network, YAPTINU Press, INISNU Press, Formaci Press (2017-sekarang).

10. Tutor Bahasa Indonesia pada Lembaga Bahasa (LB) INISNU Temanggung periode (2018-2020).

11. Direktur ASNA Pustaka (2018-sekarang).

12. Pendiri Komunitas Pena Aswaja dan Aswajanesia TV (2020)

 

Kiprah Bidang Tenaga Ahli Akademik, yaitu:

1.     Tim Penyusun Pengembangan Model Pendidikan Agama pada Kuttab - Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang (2021)

2.     Tim Penyusun Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rekognisi, Afirmasi dan Fasilitasi Pesantren dan Madrasah - DPRD Kabupaten Temanggung (2021)

3.     Tim Penyusun Kajian Akademik tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Temanggung TV Kabupaten Temanggung - DPRD Kabupaten Temanggung (2021)

 

Sebelumnya, ia pernah mengajar di IAI Al-Hikmah Tuban pada prodi PIAUD. Sebagai jurnalis, tahun 2010 ia pernah menjadi wartawan Harian Pelita, dan tahun 2015 menjadi wartawan Jateng Ekspres dan sejumlah media siber. Tahun 2013, ia pernah menjadi guru jurnalistik di MTs Al-anwar Suburan, Mranggen, Demak. Pada 2014, ia bekerja sebagai staf bidang media di KPU Jawa Tengah, dan Mei 2015-Februari 2017, ia bekerja sebagai Tenaga Ahli Fraksi DPRD Kota Semarang.

Pria penggemar Metallica ini juga dikenal sebagai pegiat literasi, media dan juga pemerhati pendidikan. Beberapa penghargaan yang pernah ia dapatkan yaitu:

1.     Penghargaan dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi FITK IAIN Walisongo Semarang sebagai Mahasiswa Teladan nominasi “Mahasiswa Penulis Terproduktif” (2013).

2.     Juara I Lomba Artikel, Karya Jurnalistik dan Foto Hardiknas Kemdikbud tahun (2018)

3.     Juara I Lomba Esai Filsafat Ilmu UGM Tingkat Nasional (2018)

4.     Juara Harapan VI Sayembara Abjadia: International Journal of Education (2019)

5.     Nominasi 5 Lomba Artikel, Karya Jurnalistik dan Foto Hardiknas Kemdikbud Tingkat Nasional (2019)

6.     Juara I Sayembara Jurnal Khazanah Tingkat Nasional (2019)

7.     Nominasi 15 Karya Terbaik Kategori Umum Lomba Karya Jurnalistik BNPT Tingkat Nasional (2019)

8.     Dosen Penulis Jurnal Ilmiah Terbanyak (2019)

9.     Penulis dan Sastrawan Terpilih Ma’arif NU Jateng (2019-2020)

10. Juara II Lomba Esai Populer Tingkat Nasional UIN Suska Riau (2021)

11. Juara II Lomba Penulisan Artikel Jurnal Tatar Pasundan BDK Bandung Tingkat Nasional (2021)

12. Editor Tamu di Tatar Pasundan: Jurnal Balai Diklat Keagamaan (2022)

Ratusan, bahkan ribuan tulisan mantan Sekretaris IPNU Dukuhseti ini terserak di media massa, baik cetak, online, nasional dan lokal, berupa artikel, opini, gagasan, wacana, perspektif, kolom, resensi, laporan, esai, fiksi dan nonfiksi. Koran seperti Harian Pelita, Jurnal Nasional, Kompas, Koran Jakarta, Media Indonesia, Republika, Sinar Harapan, Suara Karya dan lainnya telah memuat tulisannya.

Di wilayah Jawa, tulisannya pernah dimuat di koran Barometer, Duta Masyarakat, Harian Semarang, Harian Bhirawa, Jateng Pos, Joglosemar, Koran Muria, Malang Post, Radar Tegal, Rakyat Jateng, Satelitpost, Solopos, Suara Merdeka, Wawasan, dan sebagainya.

Media luar Jawa seperti Harian Singgalang, Harian Tabengan, Harian Vokal, Harian Haluan, Haluan Kepri, Jurnal Medan, Koran Madura, Lampung Post, Metro Siantar, Padang Ekspres, Pikiran Merdeka, Radar Bangka, Radar Lampung, Radar Totabuan, Riau Pos, Surat Kabar PAB Indonesia, Waspada, dan sebagainya juga pernah ditembusnya.

Banyak juga tulisannya dipublikasikan media online, seperti media Atjehlink.com, Beritagar.id, Detik.com, Islamcendekia.com, Islami.co, Dutaislam.com, Koranfakta.com, Tempo.co, Koranmuria.com, Galamedianews.com, Lintasgayo.com, Okezone.com, Rimanews.com, Murianews.com, Faktualnews.co, Siedoo.com Alif.id, Tabayuna.com, Harianguru.com, Harianblora.com, Hariantemanggung.com, Koranpati.com, Harianjateng.com, NU Online (Nu.or.id), Pcnutemanggung.or.id, Indonesiana.id, Qureta.com, Harakatuna.com, Jalandamai.org, Scholae.co, Nusantaranews.co, Indotimur.com, Wartanasional.com, Basabasi.co, Ngopibareng.id, dan media lain yang tidak terlacak. Tulisan penyuka makanan Capcai ini pernah meramaikan majalah dan tabloid seperti Majalah KNPI, Tuntas, Tabloid SKM Amanat, Rausyanfikr, Majalah G-News, Majalah Ma’arif, dan sebagainya.

Selain menulis di media massa, Ibda telah menulis buku yaitu:

1.     Demokrasi Setengah Hati (Kalam Nusantara, 2013)

2.     Stop Pacaran, Ayo Nikah! (Lintang Rasi Aksara Books, 2014)

3.     Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner? (Kalam Nusantara, 2017)

4.     Sing Penting NUlis Terus: Panduan Praktis Menulis Artikel dan Esai di Koran (Formaci, 2017)

5.     Media Pembelajaran Berbasis Wayang (Pilar Nusantara, 2017)

6.     Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik) (Pilar Nusantara, 2018)

7.     Senandung Keluarga Sastra: Serpihan Cinta dan Enigma Rasa (Pilar Nusantara, 2018)

8.     Teacherpreneurship (Konsep dan Aplikasi) (Pilar Nusantara, 2018)

9.     Filsafat Umum Zaman Now (CV. Kataba Group, 2018)

10. Bahasa Indonesia tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (CV. Pilar Nusantara, 2019)

11. Stop Nikah, Ayo Pacaran! (Formaci, 2019)

12. Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (Pilar Nusantara, 2019)

13. Guru Dilarang Mengajar!: Refleksi Kritis Paradigma Didik, Paradigma Ajar, dan Paradigma Belajar (ASNA Pustaka, 2019)

14. Modul dan Panduan Teknis Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) (ASNA Pustaka, 2019)

15. Peradaban Makam: Kajian Inskripsi, Kuburan, dan Makam (ASNA Pustaka, 2019)

16. Pendidikan Teacherpreneurship bagi Guru dan Siswa SD/MI (Formaci, 2020)

17. Dosen Penggerak Literasi: Praktik Baik Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) (Pilar Nusantara, 2020)

18. Membangun Paradigma Keilmuan Ketupat Ilmu: Integrasi-Kolaborasi: Collaboration of Science, Takatuful Ulum, Kolaborasi Ilmu (YAPTINU, 2021)

19. Kontributor Menggugat Merdeka Belajar : Artikel-Esai Pilihan Ma’arif NU Jateng 2020 (ASNA Pustaka, 2021)

20. Kontributor Ela-elo Pendidikan: Artikel-Esai Pilihan Ma’arif NU Jateng 2019 (ASNA Pustaka, 2021)

21. Paradigma Keilmuan MTs Mumtas Al-Hudlori (Pilar Nusantara, 2021)

22. Kontributor Model Pengelolaan Pendidikan Agama pada Kuttab (Arti Bumi Intaran, 2021)

23. Konsep dan Implementasi Computational Thinking dalam Pendidikan, Media, Dunia Usaha dan Dunia Industri (INISNU Temanggung Press, 2021)

24. Kuttab: Potret Pendidikan Dasar Islam Klasik Hingga Modern (Pilar Nusantara, 2021)

25. Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (Qahar Publiser, 2021)

26. Education Design and Virtual Learning Technology (UKI Scholars Network, 2021)

27. Kurikulum Moderasi Beragama Berbasis Nilai-nilai Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah (INISNU Temanggung Press, 2021)

28. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi (Pilar Nusantara, 2022)

29. Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital (Pilar Nusantara, 2022)

 

Saat ini, ia masih aktif menulis artikel, karya tulis ilmiah, jurnal, juga menyelesaikan berbagai karya beberapa buku bertemakan pendidikan, sosial, kebangsaan dan keagamaan. Beberapa jurnal dan prosidingnya yaitu:

1.     Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SD/MI melalui Menulis di Media (Jurnal Tarbawi, Vol 14, No 1 (2017).

2.     Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar (Jurnal Shahih IAIN Surakarta, Vol 2 No 2 2017).

3.     Relasi Nilai Nasionalisme dan Konsep Hubbul Wathan Minal Iman dalam Pendidikan Islam (International Journal Ihya' 'Ulum al-Din, Vol 19, no 2 (2017).

4.     Gerakan Metal (Membaca Artikel) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Guru MI (Jurnal Magistra, Vol 8 No 1 (2017).

5.     Gerakan Literasi NUtizen dalam Membendung Rusaknya Medsos (Jurnal Khittah, Vol 2 (2018).

6.     Strategi Pencegahan terhadap Modus Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pimilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2018 (Jurnal ETIKA & PEMILU DKPP RI, Vol 4 nomor 1 Juni 2018).

7.     Penguatan Literasi Baru di Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 (JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, Vol.1 (1) Agustus 2018).

8.     Penguatan Nilai-Nilai Sufisme dalam Nyadran sebagai Khazanah Islam Nusantara (Jurnal Islam Nusantara, Vol. 1 No.2 2018).

9.     Penguatan Karakter Toleran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pendekatan Whole Language (Jurnal Wahana Akademika. Vol 6 No.2 Oktober 2018).

10. Strategi Membendung Islamofobia melalui Penguatan Kurikulum Perguruan Tinggi Berwawasan Islam Aswaja Annahdliyah (Analisis : Jurnal Studi Keislaman, Vol 19. No.2 (2018).

11. Strategi Perguruan Tinggi Memajukan Lembaga Keuangan Syariah (Jurnal EQUILIBRIUM, Vol 6, No 1 (2018).

12. Class Association Program to Prevent Delinquency of Elementary School Children (Abjadia: International Journal of Education, Vol 3 No 2 (2018)

13. Program Kesejahteraan Sosial Melalui Santunan Pendidikan untuk Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin di SMK JAPA Pati (Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial Kemensos RI, Vol 18, No 1 (2019)

14. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 (JALABAHASA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Vol. 20 No.1 (2019).

15. Development of Plants and Animals Puppet Media Based on Conservation Values in Learning to Write Creative Drama Scripts in Elementary Schools (Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol 1 No 2 (2019).

16. Strategi Grup Barong Sardulo Krida Mustika Dalam Melestarikan Seni Barongan Blora (Volume 3, Nomor 1, Juni (2019)

17. Improving Scientific Article Writing Skills for Students Through the "One Semester One Book" Program (International Journal Of English Education And Linguistics, Vol 1 No 1 2019)

18. Integrasi Sastra Siber dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI untuk Menjawab Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. (Prosiding Seminar Nasional LB STAINU Temanggung, 2019).

19. Thuggery and Cultural Da’wah: A Case Study of Jama’ah Pasrah Foundation, Pati, Indonesia (Jurnal Penelitian IAIN Pekalongan, Vol 16 No 1 2019).

20. The Strategy of the Educational Institution Ma’arif Nahdlatul Ulama of Central Java In Preventing Radicalism (Borneo International Journal of Islamic Studies, Vol 1 (2) May 2019).

21. Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa melalui Program SAMA SAVI (Satu Mahasiswa Satu Video) (Jurnal Pena Indonesia UNESA, Vol 5 N0 1 (2019).

22. Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Populer pada Mahasiswa Melalui Program Satu Mahasiswa Satu Karya (SAMA SAYA) (Jurnal NUSA, Vol 5 No 3 Agustus 2019).

23. Kontekstualisasi Humanisme Religius Perspektif Muhammad Arkoun dalam Pendidikan Dasar Islam (Jurnal At-Tajdid, Vol 9 No 1 (2020).

24. Strategi Teater Petromas 11pm Dalam Mengembangkan Minat Mahasiswa Terhadap Seni Pertunjukan di STAINU Temanggung (LAGA-LAGA : Jurnal Seni Pertunjukan, Vol 6 No 1 2020).

25. Penggunaan Umpatan Thelo, Jidor, Sikem, Sikak Sebagai Wujud Marah Dan Ekspresi Budaya Warga Temanggung (Jurnal Ranah Kemdikbud, Vol 8 No 1 (2019).

26. Penguatan Literasi Perpajakan Melalui Strategi “GEBUK” (Gerakan Membuat Kartu) NPWP pada Mahasiswa (Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol 7 No 2 (2019).

27. Strategi Pelestarian Seni Kuda Lumping Di Dusun Tarukan, Desa Candisari, Bansari, Temanggung (Jurnal Jantra Kemdikbud, Volume 14 Nomor 2 Desember 2019).

28. Strategi Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Temanggung Dalam Mencegah Radikalisme Agama (el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, Vol 1 No 2, 2019).

29. The Strategy of Preventing Radicalism in the Mosque Instituion (Takmir) Through Reinforcement of the Mosque Organizer Based on Aswaja Annahdliyah (Khazanah: Jurnah Studi Islam dan Humaniora, Vol 18 No 1 2019).

30. Humanisme Pendidikan: Kritik Terhadap Materi Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs (Wahana Akademika, Vol 6, No 2 2019).

31. Contextualization of Perspective Islamic Moderation KH. Ilyas Kalipaing In Educational Institution (Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies Vol 6, No 2 (2019).

32. Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah Pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI) (Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1, No 1 (2020).

33. Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan Di Tengah Pandemi Covid-19 di SD Negeri Kemloko Temanggung (Wahana Akademika, Vol 7, No 1 2020).

34. Penguatan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Membangun Generasi Taat Konstitusi (Wahana Akademika, Vol 7, No 2 2020).

35. Partnership Between Educational Institutions Ma'arif NU and Unicef In Building Inclusive Madrasah Program In Central Java (Jurnal Khatulistiwa, Vol 10 No 2 (2020).

36. Home Visit Program in Minimizing Stay in Class and Dropout at Elementary School of Sampangan 01, Semarang City (International Journal of Social Learning (IJSL) Vol 1 No 1 2020)

37. Ma’arif Literacy Movement Program in Improving Literacy Skills in Teachers and Students in Central Java (Borneo International Journal Of Islamic Studies (BIJIS), VOL. 3 (1), November 2020).

38. Penanaman Karakter melalui Kegiatan Rohani di SD Negeri 3 Pendowo Kranggan Temanggung (Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, Vol 16 No 31 (2020).

39. Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Di Desa Ngadisepi (Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (Vol 2, No 1 (2020).

40. Strategi Memutus Mata Rantai Pembajakan Hak Cipta pada Seni Batik Nusantara (Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, Vol 17 No 33 (2021).

41. Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan (At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol 5, No 1 (2021).

42. Student Care Patterns in Integrated Islamic Boarding School Bina Amal Semarang (Jurnal Dialog, Vol 44 No 1 Tahun 2021)

43. Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan RPP di MI Al Ma’arif Kupen (ASNA: Jurnal Kependidikan Islam dan Keagamaan, Volume 3 Nomor 1 2021).

44. Pandemi Covid-19: Eefektivitas Pembelajaran dalam Jaringan (Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, Volume 6 Nomor 1 2021).

45. Program Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) dalam Meningkatkan Moderasi Beragama (Wasatiyyah Islam) (Tatar Pasundan: Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, Volume 15 Nomor 2 Tahun 2021).

Informasi bibliografi