Kesabaran Penawar Kemarahan

Sampul Depan
Yayasan Pelestarian dan Pengembangan Lamrim Nusantara, 24 Agu 2020

Dalam Lakon Hidup Sang Penerang, Shantidewa mengatakan, “Tidak ada kejahatan yang lebih buruk daripada kemarahan dan tidak ada praktik petapaan yang lebih baik daripada kesabaran.” Mengapa kemarahan dapat menghancurkan hidup kita? Dan mengapa kita perlu melatih dan mengembangkan batin yang penuh kesabaran? Kesabaran Penawar Kemarahan merupakan transkrip ajaran Guru Dagpo Rinpoche yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dalam khotbah beliau di Malaysia, Guru Dagpo Rinpoche menjelaskan bagaimana kemarahan adalah penghancur karma baik yang sangat berbahaya dan akan menyebabkan penderitaan di dalam hidup kita saat ini serta kelahiran kita berikutnya. Kemarahan pun sesungguhnya adalah reaksi yang tak berdasar kepada orang yang menyakiti kita, sebab mereka semua tidaklah dalam kesadaran atau kehendak bebas mereka sendiri bahwa mereka ingin menyakiti kita, melainkan dikuasai oleh klesha.

Kesabaran akan membebaskan kita dari akibat-akibat kemarahan yang sangat berbahaya. Kesabaran juga akan membawa kebahagiaan dan manfaat besar bagi kita di kehidupan sekarang maupun kehidupan berikutnya. Karenanya, kita perlu mengerti dengan baik apa itu kesabaran dan bagaimana cara melatih serta menumbuhkan kesabaran secara tepat di dalam batin kita. Kesabaran Penawar Kemarahan akan mengajarkan kepada kita bahwa melalui perenungan tentang kesabaran secara menyeluruh itulah kita akan menjadi individu yang lebih baik dalam mengatasi kemarahan dan penderitaan.

“Kesabaran adalah perhiasan terindah yang bisa dipakai oleh semua orang“

—    Guru Dagpo Rinpoche


Buku ini hadir berkat kemurahan hati para dermawan sehingga Anda bisa MENGUNDANG kehadiran teks Dharma ini ke dalam hidup Anda. Mari kita turut bermudita dan mendoakan para dermawan yang telah memungkinkan ini terjadi.

Apabila Anda berminat pula untuk terlibat dalam kebajikan menyebarkan Dharma seperti ini, silakan bergabung sebagai "Dharma Patron Lamrimnesia" dengan cara menghubungi Lamrimnesia Care: HP/WA +6285 2112 2014 1

 

Halaman terpilih

Isi

Bagian 1
Bagian 2
Bagian 3
Bagian 4
Bagian 5
Bagian 6
Bagian 7
Bagian 8
Bagian 11
Bagian 12
Bagian 13
Bagian 14
Bagian 15
Bagian 16
Bagian 17
Bagian 18

Bagian 9
Bagian 10

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2020)

Dilahirkan pada tahun 1932 di Tibet dan dikenali oleh para guru Tibet sebagai reinkarnasi dari Guru Serlingpa Dharmakirti, guru besar pada zaman Sriwijaya yang merupakan guru utama bagi pandit mashyur India, Atisha Dipamkara Srijnana, Dagpo Rinpoche tetaplah seorang pribadi yang rendah hati dan lembut. Tidak pernah menonjolkan dirinya sebagai guru besar, namun sikapnya yang terkendali dan penuh welas asih mengatakan itu semua.


Beliau adalah salah satu dari sedikit guru pemegang banyak silsilah ajaran Buddha. Saat ini berdomisili di Dharma Center beliau di Veneux Les Sablons, Perancis dan setiap tahun tanpa kenal lelah selalu memberikan ajaran di beberapa negara Eropa dan juga Asia seperti Indonesia, India, dan Malaysia.

Stanley Khu, alumni dari Center for The Study of Social System, Jawaharlal Nehru University, India.

Informasi bibliografi