Indonesia Melawan Amerika Konflik PD 1953-1963

Sampul Depan
Galangpress Publisher, 1 Jan 2008 - 448 halaman

Yang dilakukan oleh Dr. Baskara T. Wardaya dalam dalam bk ini adalah memperlihatkan konteks terbentuknya berbagai kebijakan Amerika Serikat terhadap Indonesia, sambil dengan bagus menggambarkan tekan-tekanan dalam negeri yang dialami para pejabat urusan luar negeri Amerika. Ditunjukan pula berbagai pergumulan internal yang ada dalam tiap-tiap pemerintahan presiden A.S.

Kebijakan-kebijakan yang dihasilkan mencerminkan dinamika internal itu. Tampak bahwa para Presiden A.S yang dibahas di sini (Truman, Eisenhower, dan Kennedy) memiliki pandangan mereka sendiri mengenai berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia, tetapi rupanya mereka juga amat bergantung pada para penasihat mereka. Dalam situasi seperti itu, masing-masing presiden menjadi banyak ditentukan oleh siapa yang paling kuat pengaruhnya.

Buku terbitan penerbit Galangpress ini juga merupakan sebuah studi kasus yang penting mengenai pendekatan Amerika terhadap persoalan pascakolonial setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Dalam kaitannya dengan sepak terjang Amerika di Vietnam, buku ini menawarkan topik yang sangat penting dan menarik. — Dr. Steven M. Avella (Pengajar sejarah politik luar negri A.S., Marquette University, Milwaukee, Wisconsin, A.S.

 

Istilah dan frasa umum

Informasi bibliografi