Environmental Governance: Isu Kebijakan dan Tata Kelola Lingkungan Hidup

Sampul Depan
Universitas Brawijaya Press, 1 Feb 2017 - 186 halaman

Environmental Governance merupakan suatu interaksi multi-level antara lokal, nasional, bahkan global yang dilakukan dalam ranah kebijakan terkait lingkungan yang bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Semakin meningkatnya frekuensi kasus, termasuk pembalakan liar, polusi kabut asap, dan masalah lingkungan lainnya, telah memberikan kontribusi bagi munculnya ide-konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan. Eksploitasi sumber daya yang tidak terkendali bukan hanya akan mengakibatkan kelangkaan sumber daya, namun juga dapat mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan. Tentu saja degradasi lingkungan yang terjadi sungguh berbahaya bagi keberlangsungan hidup dan kehidupan ekosistem. Untuk itu, diperlukan kebijakan-regulasi terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat preventif untuk mengeliminasi (dampak) degradasi hingga destruksi lingkungan.

Buku ini dikelompokkan menjadi 3 (tiga) bagian yang terdiri atas 8 (delapan) bab. Bagian I: Pengantar, Bagian II: Environmental Governance di Indonesia, dan Bagian III: Isu-isu terkait Environmental Governance.

 

Halaman terpilih

Isi

Bagian 1
1
Bagian 2
11
Bagian 3
25
Bagian 4
61
Bagian 5
83
Bagian 6
84
Bagian 7
97
Bagian 8
109
Bagian 9
123
Hak Cipta

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2017)

M. Chazienul Ulum; penulis yang lahir di Surabaya pada tanggal 14 Juni 1974 ini menyelesaikan studi S1 Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) dan Program Master pada Public Administration di Faculty of Management Sciences, Prince of Songkla University (PSU), Thailand. Sebagai dosen di FIA UB, penulis juga mengampu mata kuliah Manajemen Bencana dan Seminar Isu-Kebijakan Lingkungan. Penulis pernah menjadi tim pendamping penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kota Surabaya. Beberapa artikel penulis telah dimuat/dipublikasikan (termasuk juga dalam jurnal yang terakreditasi), antara lain pada Jurnal Penanggulangan Bencana di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jurnal Ilmiah Administrasi Publik FIA UB, Jurnal Stratejik FIA UB, dan Jurnal di Universitas Negeri Surabaya. Beberapa buku penulis yang sudah diterbitkan oleh UB Press Malang berjudul Leadership (Dinamika Teori-Pendekatan dan Isu Strategis Kepemimpinan di Sektor Publik), Manajemen Bencana (Pengantar Pendekatan Proaktif), dan Perilaku Organisasi (Menuju Orientasi Pemberdayaan).

Rispa Ngindana; penulis lahir di Trenggalek, 6 November 1986 ini adalah alumni Program Magister Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Saat ini adalah Dosen Tetap di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang. Sejak menjadi mahasiswa baik S1 maupun S2, beberapa karya yang telah dihasilkan dalam ranah Ilmu Administrasi Publik. Di antaranya dalam bentuk buku yaitu ‚Partisipasi Masyarakat dalam Perumusan Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB): Sebuah Harapan yang Terabaikan‛ yang telah diterbitkan oleh UB Press.

Informasi bibliografi