Buku Ajar Pendekatan Ilmiah Lanjut: Menumbuhkan Daya Imaginasi Mahasiswa

Sampul Depan
Sanata Dharma University Press, 1 Jul 2020 - 195 halaman

Tulisan ini merupakan lanjutan dari buku ajar terdahulu berjudul Buku Ajar Pendekatan Ilmiah Dasar: Memupuk Kemampuan Berpikir dan Rasa Ingin Tahu. Kebijakan Belajar Merdeka – Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia berorientasikan ke pembelajaran mahasiswa menantang memicu hasrat penulis untuk melanjutkan penulisan buku ajar ini. Mahasiswa dihadapkan kepada tantangan kebutuhan masa depan dirinya, masa depan dunia usaha, masa depan pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi di tanah air ini dan masa depan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai. Penulis memaknai tantangan bangsa ini sebagai isyarat Ilahi untuk mau bangkit kembali. Isyarat macam ini diharapkan tidak hanya membangkitkan para mahasiswa tetapi juga para dosen.

Buku ajar ini ditulis dengan tujuan membangkitkan daya imaginasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi atau program studi bidang ilmu serumpun dalam menghadapi tantangan-tantangan yang diisyaratkan di atas. [PRAKATA].

 

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Kami tak menemukan resensi di tempat biasanya.

Halaman terpilih

Istilah dan frasa umum

Tentang pengarang (2020)

P. Wiryono Priyotamtama SJ, lahir di Madiun pada tanggal 8 September 1947. Mata pelajaran Biologi menjadi mata pelajaran paling disukai sejak menjadi siswa di SMP dan SMA Seminari Menengah Mertoyudan Magelang. Menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan berbagai kegiatan penelitian bidang Morfologi Tanaman dan Mikrobiologi, diantaranya praktek pengelolaan perkebunan di Perusahaan Perkebunan di Siluwok Sawangan Batang, dan penelitian lapangan di calon waduk Gadjah Mungkur, Wonorigi, pemukiman transmigran di Sitiung Sumatra Barat, dan Way Abung di Lampung, dan di tempat-tempat lain.

Gelar Educational Doctor (Ed.D) (1986) dari Oklahoma State University Stilwater, Oklahoma, USA, dalam bidang Pendidikan Pertanian. Sejak saat itu seluruh hidupnya diabdikan sebagai dosen di sejumlah perguruan tinggi yakni sebagai dosen tetap di Universitas Timor Timur di Dili, Universitas Katolik Soegijapranata di Semarang, dan Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta. Mata kuliah yang paling sering diampu adalah Metode Penelitian, Pendekatan Ilmiah Dasar, Pendekatan Ilmiah Lanjut, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Budidaya Taman dan Hewan, Botani Ekoomi, dan mata kuliah Ilmu Lingkungan yangdiberi nama Healing Earth.

Dosen luar biasa di Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1986 sampai dengan Maret 2020. Sejumlah pengalaman pengabdian yang pernah dijalani antara lain: menjadi Rektor Universitas Timor Timur di Dili (1989-1993), Rektor Universitas Katolik Soegijapranatan di Semarang (1993-1996), Pimpinan Serikat Yesus Provinsi Indonesia di Semarang (1996- 2002), Direktur Kursus Pertanian “Taman Tani” di Salatiga (2003), Direktur Program Tersiat Serikat Yesus di Kandy, Srilanka (2004- 2005), Rektor Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta (2006-2014), dan Ketua APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik) Indonesia dari tahun 2014 sampai dengan Maret 2020.

Drs. Antonius Tri Priantoro M.For.Sc., adalah Dosen pada Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Pendidikan di University Of Canterbury, Selandia Baru: Forestry Science.



Thomas Aquino Hermawan M. (Thoms) adalah editor penata letak/layouter, ilustrator sampul buku, dan staf produksi di Sanata Dharma University Press, sejak tahun 2004.

Sanata Dharma University Press adalah pendukung penerbitan e-book ini.

SDU Press (Sanata Dharma University Press) adalah pendukung penerbitan e-book ini.

Informasi bibliografi