Ahmad Tohari: karya dan dunianya

Sampul Depan
Grasindo, 2003 - 156 halaman
1 Resensi

Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi

Ulasan Pengguna - Tandai sebagai tidak pantas

Sejak terbitnya trilogi Ronggeng Dukuh Paruk(1982), Lintang Kemukus Dini Hari(1985), dan Jantera Bianglala(1986), nama Ahmad Tohari banyak menarik perhatian peminat dan pengamat sastra Indonesia. Apalagi Ahmad Tohari kemudian melahirkan novel lain seperti Di Kaki Bukit Cibalak(1986), Bekisar Merah(1993), Lingkar Tanah Lingkar Air(1995), dan Belantik(2001). Namun, hingga sekarang belum ada buku yang mengulas karya Ahmad Tohari secara keseluruhan.
Buku Ahmad Tohari: Karya dan Dunianya ini membicarakan kepengarangan dan karya Ahmad Tohari secara lengkap dan komprehensif. Mulai dari novel pertamanya, Kubah(1980), hingga novel Belantik(2001). Selain itu, Yudiono K.S.(dosen senior Fakultas Sastra Universitas Diponegoro) juga membicarakan dua kumpulan cerpen Tohari: Senyum Karyamin(1989) dan Nyanyian Malam(2000).
Jika orang lain ingin mengetahui apa dan bagaimana kara Ahmad Tohari selama 20-an tahun, buku inilah jawabannya. Peminat novel dan cerpen Ahmad Tohari pun perlu menyimak buku ini. Buku ini diperuntukkan bukan hanya untuk para sastrawan ataupun guru-guru bahasa melainkan untuk semua orang yang penasaran dengan karya dan kehidupan Ahmad Tohari.
~Tika~
 

Informasi bibliografi